Breaking News

Ingat, Besok Google akan Hapus Jutaan Akun Gmail! Begini Cara Menghindarinya

Google akan hapus jutaan akun Gmail 1 Desember

D'On, Jakarta,-
Google berencana melakukan membersihan akun Gmail mulai besok, Jumat, 1 Desember 2023. Keputusan itu sudah diumumkan pada awal bulan Mei 2023.

Sebelumnya perusahaan membuat kebijakan baru atas akun Gmail yang sudah tidak aktif atau login minimal 2 tahun terakhir. Nantinya mereka akan menghapus akun tersebut yang meliputi Gmail, Docs, Meet, Calendar, dan Google Photos.

Seperti diberitakan sebelumnya, perusahaan telah mengklarifikasi aturan ini berlaku untuk akun Google pribadi, dan tidak akan mempengaruhi akun organisasi. Menurut kebijakan barunya, hal ini dikarenakan akun yang sudah lama tidak digunakan lebih rentan terhadap peretasan.

Beberapa bulan sebelumnya pengguna akan menerima beberapa pemberitahuan penghapusan akun. Pemberitahuan ini dikirim ke akun yang tidak aktif serta email pemulihan akun yang tersedia.

Sementara itu, penghapusan akun Gmail ini akan dilakukan secara bertahap, dimulai dengan akun yang dibuat namun tidak pernah digunakan.

Lantas, bagaimana cara selamatkan akun Gmail agar tetap aktif? Simak langkah berikut ini.

Cara selamatkan akun Gmail untuk hindari penghapusan 

1. Masuk ke akun Gmail setidaknya 2 tahun sekali;

2. Lakukan beberapa jenis tindakan pada akun Google;

3. Membaca atau mengirim email;

4. Menggunakan Google Drive;

5. Menonton YouTube;

6. Mengunduh aplikasi di Google Play Store;

7. Menggunakan mesin penelusuran Google;

8. Masuk dengan Google pada aplikasi atau layanan pihak ketiga.

Dengan melakukan cara tersebut, akun Gmail yang dimiliki akan terselamatkan. Google akan mempertimbangkan bahwa akun tersebut dianggap akun yang aktif dan tidak akan dihapus. 

Pengguna juga harus pastikan untuk login ke akun Gmail mereka tiap dua tahun sekali untuk memastikan email, dokumen, foto atau konten lain yang penting dalam akun tersebut tetap aman.

(SDS)

#Google #Gmail #AkunGmailDihapus