Breaking News

Ketua MK Baru, Suhartoyo: Kalau Ada yang Tidak Baik Tentang MK Tolong Dikritik

Suhartoyo 

D'On, Jakarta,-
Suhartoyo terpilih menjadi Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) menggantikan Anwar Usman yang telah dijatuhi sanksi pemberhentian oleh Majelis Kehormatan Mahkamah Konstitusi (MKMK), Kamis (9/11/2023).

Saldi menyampaikan Suhartoyo terpilih menjadi Ketua MK setelah keputusan dalam rapat permusyawaratan hakim (RPH) yang digelar secara tertutup.

“Yang disepakati dalam hasil kami berdua untuk menjadi ketua MK selanjutnya adalah bapak Dr Suhartoyo dan saya tetap menjalankan tugas sebagai wakil ketua,” ujar Saldi.

Dalam kesempatan ini, Suhartoyo meminta doa restu dan juga berharap jika ada hal-hal yang tidak baik menyangkut MK agar diingatkan atau disampaikan kritiknya.

“Saya meminta doa restu kepada rekan-rekan semua dan kalau ke depannya ada yang tidak baik, tidak apa kalau kami dikritik agar setiap saat kami bisa lakukan evaluasi untuk menjadi lebih baik,” kata Suhartoyo.

Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) terpilih Suhartoyo akan dilantik dan diambil sumpah jabatan di Gedung MK, Jakarta, Senin (13/11/2023).

Diketahui, Suhartoyo telah menjabat sebagai hakim konstitusi sejak 7 Januari 2015. Sebelumnya ia adalah seorang hakim karier dengan penugasan terakhir di Pengadilan Tinggi Denpasar.

Pria kelahiran Sleman, 15 Oktober 1959, meraih gelar Sarjana Hukum di Universitas Islam Indonesia. Lalu, melanjutkan studi Magister Ilmu Hukum di Universitas Tarumanegara dan Doktor Ilmu Hukum di Universitas Jayabaya.


(B1)

#Suhartoyo #KetuaHakimMK #MahkamahKonstitusi #KetuaMK