Breaking News

KPK Sebut Firli Bahuri Akan Penuhi Pemeriksaan Dewas Selasa Besok

Firli Bahuri 

D'On, Jakarta,-
Kepala Pemberitaan KPK Ali Fikri menyebut bahwa Ketua KPK Firli Bahuri akan memenuhi pemeriksaan Dewan Pengawas (dewas) KPK, Selasa (14/11/23) besok, terkait dugaan pemerasan terhadap mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo.

Dewas KPK seharusnya dilakukan hari ini Senin (13/11/23).

“Sesuai surat resmi Dewas KPK terkait penjadwalan ulang pemeriksaan terhadap Ketua KPK yang akan dilaksanakan pada Selasa (14/11/23) Bapak Firli Bahuri mengonfirmasi akan hadir memenuhi undangan pemeriksaan tersebut sesuai tanggal yang telah ditentukan,” kata Ali Fikri dalam keterangan tertulis, Senin (13/11/23).

Dikatakan Ali, besok Firli Bahuri akan menjelaskan soal dugaan pelanggaran etik berupa melakukan pemerasan terhadap SYL.

“Dalam pemeriksaan nantinya Bapak FB pastinya akan menjelaskan duduk persoalan secara jelas dan terbuka, sehingga membantu Dewas KPK dalam proses pemeriksaan penegakan etik ini,” jelasnya.

Ali menjelaskan, pemeriksaan dewas tetap dilakukan besok karena hari ini Firli Bahuri sudah memiliki agenda kegiatan. Ia pun meyakini Dewas KPK akan profesional dalam memeriksa dugaan pelanggaran etik tersebut.

“Penjadwalan ulang pemeriksaan ini dilakukan mengingat pada undangan pemeriksaan semula, Pak FB sudah terjadwal untuk kegiatan-kegiatan lainnya,” tambahnya.

“Mari kita ikuti proses pemeriksaan di Dewas ini dan menunggu putusannya. Kami yakin profesionalitas dan independensi Dewas dalam memeriksa dan memutus penegakan etik ini sebagaimana amanah undang-undang,” tutupnya.

Sebagai diketahui, buntut pertemuan dengan SYL, Firli Bahuri dilaporkan ke Dewan Pengawas (Dewas) KPK atas dugaan pelanggaran etik. Duduk sebagai pelapor yakni Komite Mahasiswa Peduli Hukum. Laporan tersebut mengacu pada aturan insan KPK tidak boleh bertemu dengan pihak yang sedang tersandung perkara di lembaga antikorupsi itu.

Untuk mendukung laporannya itu, turut dilampirkan bukti dokumentasi foto keakraban Firli dan SYL. "Laporan sudah diterima oleh pihak pengaduan masyarakat dan pelayanan publik," ujar koordinator Komunitas Mahasiswa Peduli Hukum, Febrianes, Jumat (6/10/2023).

(B1)

#KPK #FirliBahuri #DewasKPK #PemerasanSYL