Breaking News

Pertolongan Pertama Saat Ponsel Terendam Air

Ilustrasi Ponsel Terendam Air

Dirgantaraonline.co.id,-
 iPhone dan juga ponsel Android model terbaru memang memiliki perlindungan terhadap debu dan air, tetapi bukan berarti bebas terkena air. Pasalnya ketahanan terhadap air dapat menurun seiring berjalannya waktu, dan air mungkin dapat merembes masuk jika ponsel mengalami keretakan atau kerusakan.

Dilansir dari Slash Gear, Rabu (8/11/2023), jika iPhone atau ponsel Android Anda tidak sengaja terkena air, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan sebagai sebagai pertolongan pertama.

1. Jika ponsel terkena air, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mematikannya. 

Meskipun layar ponsel mungkin masih berfungsi setelah terkena air selama beberapa menit, jangan mencoba menggunakannya kembali. Biarkan ponsel kering selama 24 hingga 48 jam sebelum mencoba menghidupkannya lagi.

2. Keringkan ponsel dengan kain lembut yang tidak berbulu. Selanjutnya, Anda bisa menepuk-nepuk perlahan untuk membantu air keluar dari port pengisian daya dan speaker. Jangan buka slot kartu SIM sampai ponsel benar-benar kering.

Jika ingin mempercepat proses pengeringan, Anda dapat meletakkan ponsel di depan kipas angin. Pastikan ponsel benar-benar kering sebelum mencolokkan pengisi daya. Untuk mempercepat pengeringan, Anda juga bisa meletakkan ponsel dalam kotak yang berisi silika gel, yang menyerap kelembapan dengan efisien.

Jika air merembes ke dalam speaker dan membuat suaranya teredam, pengguna iPhone bisa menggunakan aplikasi pelontar air seperti Sonic atau Water Eject Speaker Cleaner. Aplikasi ini menggunakan suara ultrasonik untuk mengusir air dari speaker.

3. Sebaiknya hindari mitos lama tentang memasukkan ponsel ke dalam beras, karena ini tidak efektif dan dapat menyebabkan korosi lebih lanjut. Tidak disarankan menggunakan pengering rambut, dan hindari menggunakan kapas atau tisu untuk mengeringkannya, karena serpihan dapat masuk ke dalam perangkat.


(Rini)

#Tekno #CaraKeringkanPonsel #Ponsel #Tips #Global