Breaking News

Suhartoyo Dilantik Jadi Ketua MK, Anwar Usman Tak Hadir

Pelantikan Suhartoyo jadi Ketua MK Gantikan Anwar Usman

D'On, Jakarta,-
Hakim Konstitusi Suhartoyo resmi dilantik menjadi Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) di ruang sidang pleno gedung MK, Jakarta, Senin (13/11/2023). Sidang pleno pengucapan sumpah dan pelantikan Suhartoyo dipimpin oleh Wakil Ketua MK Saldi Isra.

Sidang pleno tersebut dihadiri oleh seluruh hakim MK, kecuali mantan Ketua MK Anwar Usman.

Sebelum Suhartoyo membacakan sumpah, terlebih dulu dibacakan Surat Keputusan Ketua Mahkamah Konstitusi Nomor 17 Tahun 2023. Surat keputusan itu ditandatangani Saldi Isra atas nama Ketua MK.

"Demi Allah, saya bersumpah bahwa saya akan memenuhi kewajiban Ketua Mahkamah Konstitusi dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, dan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, serta berbakti kepada nusa dan bangsa," ujar Suhartoyo.

Sebelumnya, dalam Rapat Permusyawaratan Hakim (RPH) yang diselenggarakan secara tertutup pada 9 November 2023 di Ruang RPH Gedung 1 MK, Suhartoyo berhasil terpilih sebagai Ketua Mahkamah Konstitusi untuk periode jabatan 2023-2028.

Pemilihan ini merupakan tindak lanjut dari Putusan MKMK Nomor 2/MKMK/L/11/2023 tanggal 7 November 2023, yang menyarankan pemilihan kepemimpinan baru dalam jangka waktu 2x24 jam sejak Selasa, 7 November 2023.


(B1)

#Suhartoyo #KetuaMK #MahkamahKonstitusi #AnwarUsman #MK