Breaking News

Begini Kronologi Ledakan Tungku Pabrik ITSS di Morowali yang Sebabkan 12 Orang Meninggal

Korban Ledakan Tungku PT ITSS Dirawat Intensif

D'On, Morowali (Sulteng),-
Kecelakaan kerja terjadi di salah satu pabrik pengolahan nikel milik PT Indonesia Tsingshan Stainless Steel (ITSS) yang beroperasi di kawasan Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP), Morowali, Sulawesi Tengah. Akibat kejadian ini, belasan orang dilaporkan meninggal dunia, sementara puluhan lainnya mengalami luka-luka.

Kepala Divisi Media Relations PT IMIP Dedy Kurniawan mengungkapkan, kecelakaan kerja ini terjadi pada Minggu (24/12/2023) sekitar pukul 05.30 Wita. Musibah ini bermula saat sejumlah pekerja melakukan perbaikan tungku dan pemasangan pelat pada bagian tungku.

Berdasarkan hasil investigasi awal, ledakan disebabkan karena di bagian bawah tungku masih terdapat cairan pemicu ledakan. Di lokasi juga terdapat banyak tabung oksigen yang digunakan untuk pemotongan komponen tungku dan pengelasan. 

Ketika ledakan pertama terjadi, tabung oksigen di sekitar tunggu akhirnya ikut meledak, sehingga menyebabkan kebakaran hebat. 
Kebakaran tersebut baru berhasil dipadamkan pukul 09.10 Wita.

"PT IMIP saat ini terus berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk menginvestigasi hingga penanganan korban," kata Dedy Kurniawan dalam keterangan resminya, Minggu (24/12/2023).

Dedy menegaskan, seluruh biaya perawatan bagi korban hingga santunan akan ditanggung oleh manajemen PT IMIP. Untuk korban yang berhasil diidentifikasi, atas permintaan pihak keluarga korban, jenazahnya juga akan langsung diterbangkan ke kampung halaman masing-masing.

(B1)

#Peristiwa #TungkuPabrikNikelMeledak #PTITSS