Breaking News

Erupsi Gunung Marapi di Sumbar, 11 Pendaki Tewas dan 12 Masih Dicari

Keluarga Pendaki Korban Erupsi Gunung Marapi Mulai Datangi Posko Utama 

D'On, Sumbar,-
Erupsi Gunung Marapi di Sumatera Barat (Sumbar) mengakibatkan 11 pendaki tewas, dan 12 lainnya masih lainnya dicari.

Erupsi Gunung Marapi terjadi pada Minggu (3/12/2023) siang. Pada Senin (4/11/2023), tiga orang selamat telah dievakuasi ke rumah sakit Padang Panjang dan Kota Bukittinggi.

Pendaki yang berada di puncak Gunung Marapi saat terjadi erupsi berjumlah 75 orang. Dari jumlah tersebut, 40 orang berhasil selamat dan telah dievakuasi ke posko utama, sedangkan 23 orang masih terjebak di puncak Gunung Marapi.

Pihak keluarga korban pendaki Gunung Marapi bergantian datang ke posko utama, di kantor Wali Nagari, Batu palano, Kabupaten Agam, untuk mendapatkan informasi tentang kondisi anak-anak mereka yang masih terjebak di puncak gunung.

Ratusan petugas gabungan berjuang sejak sore kemarin hingga saat ini dalam melakukan pencarian terhadap para korban yang masih berada di puncak gunung. Hingga saat ini, terdapat informasi bahwa 6 orang berhasil diselamatkan.

Proses evakuasi korban menjadi sulit karena kondisi cuaca yang tidak mendukung dan Gunung Marapi masih terus mengeluarkan abu vulkanik. Oleh karena itu, petugas mencari waktu yang tepat untuk melanjutkan proses evakuasi.

Sementara itu, Kepala Basarnas, Abdul Malik, menyampaikan, update terakhir dari Gunung Marapi di Kabupaten Agam dan Kabupaten Tanah Datar menyebutkan bahwa jumlah korban yang masih berada di puncak gunung terdata sebanyak 75 orang.

"Pendaki Gunung Marapi sebanyak 75 orang terdata dari posko, 49 orang sudah berhasil dievakuasi dengan selamat. Sebagian di antaranya sudah kembali ke rumah, sementara sisanya dirawat di dua rumah sakit Padang Panjang dan Bukittinggi," katanya.

Pencarian korban terus dilakukan hingga pukul 07.00 WIB. Tim gabungan berhasil mengevakuasi 3 orang selamat dan menyatakan 11 orang meninggal dunia. Saat ini, proses evakuasi masih berlangsung oleh tim gabungan di Gunung Marapi.

"Jumlah temuan hari ini mencapai 14 orang, dan masih dalam pencarian 12 orang oleh tim SAR. Proses evakuasi korban yang meninggal dunia masih berlangsung karena petugas kesulitan akibat erupsi Gunung Marapi yang masih berlangsung," jelasnya.


(B1)

#GunungMarapiMeletus #Peristiwa #Sumbar #GunungMarapi