Breaking News

Gibran Terima Teguran KPU karena Bersorak Saat Debat

Gibran Rakabuming Raka 

D'On, Solo (Jateng),-  
Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2 di Pilpres 2024, Gibran Rakabuming Raka mengaku akan mengevaluasi terkait teguran yang diterima dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) terkait tindakannya yang bersorak saat debat capres Selasa (12/12/2023).

"Ya, semua teguran dan evaluasi kami terima," ujar Gibran di Solo, Jawa Tengah, Kamis (14/12/2023).

Gibran enggan memberikan penjelasan lebih lanjut mengenai sikapnya selama debat. Gibran juga tidak merespons pertanyaan mengenai debat capres perdana Pilpres 2024.

"Terima kasih ya," katanya singkat.

KPU menegur Gibran karena menunjukkan gerakan isyarat dan bersorak saat debat. Ketua KPU Hasyim Asy'ari, menegaskan bahwa perilaku Gibran tidak sesuai dan mendapat teguran.

Selain sebagai teguran kepada Gibran, KPU juga menjadikan insiden ini sebagai bahan evaluasi untuk debat-debat berikutnya.

"Saat evaluasi dan rapat persiapan debat selanjutnya, kami sampaikan," ungkap Hasyim.

Pada debat pertama capres Pemilu 2024, Gibran berdiri, berteriak, dan bertepuk tangan, mengajak para penonton bersorak. Tindakan ini terjadi ketika Prabowo Subianto merespons pertanyaan dari Anies Baswedan terkait putusan Mahkamah Konstitusi (MK) mengenai syarat umur calon presiden dan calon wakil presiden di bawah usia 40 tahun.

Pendukung Prabowo-Gibran yang hadir secara langsung di kantor KPU, terlihat semakin bersorak menyambut arahan dari Gibran.

Diketahui, debat capres perdana Pilpres 2024 ini mengangkat tema terkait pemerintahan, hukum, hak asasi manusia (HAM), pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan lima kali pelaksanaan debat capres dan cawapres pada Pilpres 2024, yang berlangsung selama masa kampanye Pemilu 2024 dari 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024.

Debat pertama dan kedua dijadwalkan pada tanggal 12 dan 22 Desember 2023, sementara debat ketiga dan keempat akan diselenggarakan pada 7 dan 21 Januari 2024. Debat terakhir berlangsung pada 4 Februari 2024. Lima kali debat capres-cawapres ini diadakan di Jakarta.


(B1)

#KPU #GibranRakabumingRaka #DebatCapres2024 #Pilpres2024