Breaking News

Hindari Razia, 29 WNA Kejar-kejaran Dengan Petugas Imigrasi

29 WNA terjaring razia petugas Imigrasi 

D'On, Tangerang (Banten),-
Petugas Imigrasi Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) bersama unsur TNI-Polri dan stakeholder lain menggelar razia warga negara asing (WNA) yang bermukim di apartemen kawasan Cengkareng, Jakarta Barat, Kamis (30/11/2023) malam.

Dalam razia tertib dokumen keimigrasian serta keamanan dan kenyamanan itu, petugas sempat terlibat aksi kejar-kejaran dengan WNA yang menjadi target sasaran. Mereka lari kocar-kacir lantaran melihat kedatangan petugas gabungan di lokasi secara tiba tiba.

Selain diwarnai saling kejar-kejaran, petugas juga sempat dibuat kewalahan saat mendatangi target kamar apartemen yang menjadi tempat tinggal para WNA. Sebab, WNA yang berada di dalam kamar itu enggan membuka pintu disinyalir ingin menghindari razia petugas.

Namun, petugas tak kalah akal. Pintu kamar yang dikunci dari dalam itu dibongkar paksa dan akhirnya WNA yang kedapatan bersembunyi diamankan.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas 1 Khusus TPI Bandara Soetta, Subki Miuldi, mengatakan bahwa tujuan dari operasi WNA tersebut adalah untuk menjaga keamanan serta ketertiban dokumen keimigrasian.

"Maksud dan tujuan operasi ini adalah untuk menjaga kenyamanan dan keamanan. Kemudahan ketertiban dokumen keimigrasian khusus di wilayah kerja kantor Imigrasi Bandara Soetta," ujar Subki Miuldi. 

Hasil operasi gabungan tersebut petugas telah mengamankan sebanyak 29 WNA yang didominasi berasal dari warga kenegaraan Nigeria. Dalam pemeriksaan sementara, bentuk pelanggaran mereka overstay atau telah melebihi izin tinggal di Indonesia.

"Yang pasti kalau memang WNA tersebut overstay kita deportasi ke negara asal. Namun, kalau ada pelanggaran lain tentu peraturan akan kami tegagkan sesuai prosedur hukum berlaku (di Indonesia)," jelasnya.

(B1)

#RaziaWNA #Imigrasi