Breaking News

Selain Pemerintah, Pemko Padang Harapkan Andil Masyarakat Terkait Permasalahan Sampah

Masyarakat diharapkan turut andil dalam persoalan sampah di Padang 

D'On, Padang (Sumbar),-
Wali Kota Padang yang diwakili Kabid Program Pengembangan Komunikasi dan Kemitraan Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Padang, Fuad Syukri, menyampaikan, selain pemerintah, masyarakat turut berperan penting terkait permasalahan sampah yang dihadapi. 

Hal tersebut disampaikannya saat menjadi pembicara di acara Alsa Care and Legal Coaching Clinic Local Chapter (ALSA- CCLC) Universitas Andalas tahun 2023 di Gedung Serba Guna, Fakultas Hukum, Universitas Andalas, Jumat (15/12/2023).

"Pemerintah Kota (Pemko) Padang sangat mendukung acara ini (ALSA-CCLC) yang diinisiasi oleh mahasiswa Fakultas Hukum, Universitas Andalas. Sebab, mahasiswa juga merupakan ujung tombak dalam memberikan edukasi kepada masyarakat. Seperti acara ini terkait permasalahan sampah," terang Fuad Syukri. 

Tambah Kabid, selain pemerintah setempat, masyarakat juga memiliki tanggung jawab dalam pengelolaan sampah. Hal tersebut juga sudah diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah.

"Meski begitu, Pemko Padang juga melakukan berbagai upaya dalam meningkatkan partisipasi masyarat terkait sampah. Seperti insentif sebesar Rp 100 ribu bagi pelapor yang melaporkan pelaku pembuang sampah sembarangan," tambahnya.

Hal itu, aku Kabid, jika kontrol sosial spontanitas juga sulit didapatkan terhadap sampah, maka upaya pemberian intensif diharapkan dapat dijadikan solusi  meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap lingkungan. 

"Kebanyakan masyarakat menganggap sampah adalah suatu hal yang menjijikan.

DLH mencoba meningkatkan partisipasi itu tidak hanya secara kesadaran sendirinya, juga melalui uang yang diperoleh melalui melaporkan kejadian disaksikan masyarakat," tuturnya.

Kemudian, Kabid berharap, setiap masyarakat ke depannya dapat mendukung serta mengawasi sisi kotanya terhadap sampah. Hal ini tentunya agar terciptanya lingkungan yang indah, aman serta terbebas dari sampah dan penyakit.

"Di momen ini, mudah-mudahan ilmu dan kebersihan, baik diri sendiri serta lingkungan dapat mendarah daging. Menjadi kebiasaan baik dalam menjalani kehidupan sehari hari," tuturnya. 

(WE)


#Sampah #Padang