Breaking News

Usai Jadi Saksi Sidang Etik Firli Bahuri, SYL: Saya Diborgol, Capek Banget

Syahrul Yasin Limpo 

D'On, Jakarta,-
Dewan Pengawas (Dewas) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggelar sidang etik Ketua nonaktif KPK, Firli Bahuri. Salah satu saksi yang dihadirkan adalah mantan Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo (SYL).

SYL tiba di Gedung Dewas KPK sekira 13.15 WIB. Ia kemudian tampak keluar meninggalkan Kantor Dewas Lembaga Anti-rasuah sekira pukul 15.17 WIB.

Saat keluar gedung, SYL enggan merespons sejumlah pertanyaan awak media seputar sidang etik tersebut.

"Saya sudah diperiksa, empat kali," kata SYL di Kantor Dewas KPK, Rabu (20/12/2023).

SYL melanjutkan dirinya merasa lelah.

"Sudah diborgol saya ini ya. Capek banget. Makasih ya," ucap SYL kemudian beranjak masuk ke dalam mobil tahanan KPK.

Sebelumnya, Dewas KPK memutuskan melanjutkan dugaan pelanggaran etik Firli Bahuri ke sidang etik. Setidaknya ada tiga dugaan pelanggaran yang diduga dilakukan Ketua nonaktif KPK itu.

Ketua Dewas KPK, Tumpak Hatorangan Panggabean membeberkan sejumlah dugaan pelanggaran etik yang diduga dilakukan oleh Firli yakni perbuatan yang berhubungan dengan pertemuan antara Firli Bahuri dengan mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo.

“Kedua yang berhubungan juga dengan adanya harta kekayaan yang tidak dilaporkan secara benar semuanya di dalam LHKPN termasuk utangnya,”ujarnya, Jumat (8/12/2023).

Dugaan pelanggaran yang berikutnya, Tumpak menyebut terkait rumah singgah Firli Bahuri yang berada di Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan.

“Ketiga ada juga yang berhubungan dengan penyewaan rumah Firli Bahuri di Kertanegara,” ungkap Tumpak Panggabean.

Tumpak mengatakan, keputusan ini diambil usai dilakukannya pemeriksaan pendahuluan atas dugaan pelanggaran etik Firli Bahuri pada Jumat tadi pagi. Pemeriksaan pendahuluan ini digelar setelah proses klarifikasi telah rampung dilakukan.

Dewas KPK menjelaskan Firli Bahuri diduga melanggar pasal 4 ayat 2 huruf A atau pasal ayat 1 huruf J dan pasal 8 ayat E peraturan Dewas tentang penegakan kode etik dan kode perilaku.


(okz)

#FirliBahuri #SyahrulYasinLimpo #KPK #DewasKPK