Breaking News

Cetak 2 Gol ke Gawang Newcastle, Salah Ukir Rekor untuk Liverpool

Mohamed Salah 

D'On, Liverpool (Inggris),-
Mohamed Salah mencetak dua gol dan mencatatkan dirinya menjadi pemain kelima yang melesakkan 150 gol atau lebih untuk satu klub di Premier League saat melawan Newcastle United, Selasa (2/1/2024) dini hari WIB.

Pemain asal Mesir ini melesakkan dua gol pada pertandingan ini pada menit ke-49 setelah memaksimalkan umpan Darwin Nunez serta menit ke-86 dari titik penalti.

Liverpool pun memetik kemenangan 4-2 atas Newcastle dalam pertandingan ini dan kukuh di puncak klasemen dengan dengan koleksi 45 poin. Sementara Newcastle United tertahan di posisi kesemibilan dengan raihan 29 poin. Pasukan Jurgen Klopp kini unggul tiga poin atas penghuni posisi kedua Aston Villa. 

Dengan dua golnya dalam partai pekan ke-20 ini, Salah menjadi pemain kelima yang mencetak 150 gol di Premier League setelah Harry Kane yang mencetak 213 gol untuk Tottenham Hotspur, Sergio Aguero (184 gol, Manchester City), Wayne Rooney (183 gol, Manchester United), dan Thierry Henry (175 gol, Arsenal). 

Harry Kane kini telah pindah ke Bayern Munchen, sedangkan tiga pemain lainnya sudah pensiun.

Salah juga kini menjadi pencetak gol terbanyak untuk Liverpool di ajang kompetisi paling bergengsi di Inggris itu. Dengan koleksi 151 gol yang dicetaknya Salah unggul dibanding Robbie Fowler dengan koleksi 128 gol, Steven Gerrard (120 gol), Michael Owen (118 gol), Sadio Mane (90 gol) serta Roberto Firmino (82 gol).

Pemain asal Mesir ini bergabung dengan Liverpool dari AS Roma sejak musim panas 2017 lalu. Sepanjang keberadaanya di Liverpool dia telah mengantar klub ini merebut berbagai trofi bergengsi seperti Liga Champions, Premier League, Piala FA. Piala Liga Inggris, Community Shield, Piala Super Eropa, serta Piala Dunia Antarklub.   

Liverpool merupakan klub keenam sepanjang kariernya setelah Al Mokawloon di Mesir, Basel (Swiss), Chelsea (Inggris), Fiorentina (Italia), dan Roma (Italia). 

Dia resmi bergabung dengan Liverpool pada 22 Juni 2017 dan menandatangani kontrak jangka panjang dengan The Reds dengan biaya awal £ 36,5 juta yang kemudian meningkat menjadi £ 43 juta (Rp 842 miliar). Nilai transfernya tersebut merupakan rekor klub, melampaui £ 35 juta yang dikeluarkan untuk Andy Carroll pada 2011. 


(Alang)

#LiverpoolFC #MohamedSalah #LigaInggris #Sepakbola #Olahraga