Breaking News

Gol Kontroversial Irak, Protes Indonesia ke AFC Tak Akan Ubah Hasil

Bek Timnas Indonesia Elkan Baggot 

D'On, Al Rayyan (Qatar),-
 Timnas Indonesia melalui Manajer Tim Endri Erawan mengajukan protes kepada Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) terkait dengan keputusan wasit yang meloloskan gol dari pemain Irak pada pertandingan Piala Asia 2023 di Stadion Ahmad bin Ali, Al Rayyan, Senin (15/1/2024) malam waktu Qatar. Namun, protes Indonesia ke AFC terkait gol kontroversial Irak itu tidak akan mengubah hasil.

Menurut Endri, Timnas Indonesia sangat kecewa dengan keputusan wasit Tantashev Ilgiz yang tidak membatalkan gol dari Osama Rashid meski sudah menggunakan peninjauan dari rekaman VAR. Wasit VAR dipimpin Salman Falahi (Qatar) dan Sivakorn Pu-Udom (Thailand).

"Setelah pertandingan, kami resmi protes keras kepada AFC terkait disahkannya gol kedua Irak. Kami sudah resmi melayangkan formulir protes dan diserahkan langsung ke match commissioner seusai pertandingan," tutur Endri.

Meski surat protes tersebut tidak bisa mengubah hasil pertandingan, Endri menyebutkan, dengan adanya sikap tegas dari timnas tersebut diharapkan perangkat pertandingan selanjutnya bisa lebih tegas dan cermat dalam membuat keputusan.

"Setidaknya untuk pertandingan-pertandingan selanjutnya perangkat pertandingan bisa lebih baik lagi dalam mengambil keputusan," ujar Endri.

Dalam pertandingan Indonesia vs Irak di Piala Asia, satu-satunya gol Indonesia dicetak oleh gelandang Marselino Ferdinan pada menit ke-37. Gol tersebut membuat Skuad Garuda imbang 1-1, setelah lebih dahulu kebobolan oleh striker Irak Mohanad Ali di menit ke-17.

Gol kedua Irak dicetak gelandang Osama Rashid (47+7) dan gol ketiga Irak disumbangkan Aymen Hussein (75).

Kekecewaan juga dirasakan Marselino Ferdinan yang menjadi satu-satunya penyumbang gol bagi tim yang diasuh Shin Tae-yong tersebut. Gol kontroversial tersebut turut menurunkan mental pemain.

Marselino Ferdinan menilai gol kedua Irak itu tidak sah karena offside. Bahkan setelah melihat tayangan VAR pun, wasit pemimpin pertandingan tidak mengubah keputusannya.

"Disayangkan juga di pertandingan pertama ini kami tidak beruntung, ada beberapa kontroversi dari wasit yang seharusnya tidak gol tetapi jadi gol," ungkap Marselino Ferdinan.


(B1)

#PialaAsia2023 #Sepakbola #Olahraga #GolKontroversiIrak