Breaking News

Jalan Nasional Padang-Kerinci Tertutup Longsor, Pembersihan Butuh Waktu Lama

Jalan nasional Padang-Kerinci Longsor

D'On, Solok Selatan (Sumbar),-
Jalan nasional yang menghubungkan Kota Padang, Sumatera Barat dengan Kabupaten Kerinci, Jambi tidak bisa dilalui akibat tertimbun longsor di Bukit Rampung, Nagari (Desa) Lolo, Kecamatan Pantai Cermin, Kabupaten Solok, Sumbar.

Wali Nagari Lolo, Aldimes Rosya mengungkapkan, akibat curah hujan tinggi sejak Minggu (31/12/2023) malam, bukit longsor menimbun badan jalan nasional pada Senin (1/1/2023) subuh. Saat ini satu unit alat berat sudah mulai membersihkan material longsor.

"Akses jalan terputus danmenyebabkan kemacetan panjang, terutama dari arah Solok Selatan. Material longsor menimbun jalan dengan ketinggian sekitar tiga meter dan panjang 15 meter," kata Aldimes Rosya, dilansir dari Antara, Senin (1/1/2023).

Jalan yang tertimbun longsor merupakan akses satu-satunya dan tidak ada jalan alternatif lain, sehingga arus lalu lintas menjadi macet total.

Aldimes mengatakan pembersihan material longsor akan memakan waktu cukup lama karena sulitnya mencapai lokasi pembuangan material. Pasalnya di kiri dan kanan jalan merupakan bukit. Selain itu, hujan juga masih turun di kawasan tersebut. 

(B1)

#Longsor #BencanaAlam #JalanNasional #SolokSelatan #Sumbar