Breaking News

Perihal Mahfud MD Mundur, Istana Berhati-hati dalam Menyusun Nama Pengganti

Mahfud MD mundur jadi Menteri Kabinet Jokowi 

D'On, Jakarta,- Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana, menyatakan bahwa belum ada arahan terkait pengganti Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD, jika nantinya ia mengundurkan diri. Ari menegaskan bahwa saat ini mereka masih menunggu pengunduran diri resmi dari Menkopolhukam, setelah itu Presiden akan memberikan arahan terkait penggantinya.

Ari menjelaskan bahwa setelah pengunduran diri disampaikan, Presiden akan memberikan persetujuan dengan keputusan presiden (keppres) untuk pemberhentian. Selanjutnya, mereka akan menunggu arahan presiden mengenai pengisian posisi Menkopolhukam. Namun, Ari belum mengetahui apakah pengganti Mahfud MD berasal dari partai politik atau kalangan profesional.

"Mekanismenya kan setelah disampaikan, ketika bapak presiden memberikan persetujuan tentu ada keppresnya juga untuk pemberhentian. Selanjutnya menunggu arahan presiden mengenai pengisian posisi menkopolhukam," tambah Ari.

Meskipun masih menunggu arahan, Ari memastikan bahwa pengisian kursi Menkopolhukam akan dilakukan segera. Ia menekankan pentingnya kelancaran roda kepemimpinan dan pelaksanaan tugas kementerian koordinator, yang membutuhkan keberlanjutan tanpa menunggu berakhirnya pemilu.

Sebelumnya, Mahfud MD mengumumkan niatnya untuk mengundurkan diri dari Kabinet Jokowi. Mahfud menegaskan bahwa relasinya dengan Presiden didasari rasa saling menghormati, dan ia berkomitmen untuk mengundurkan diri secara baik-baik. Mahfud telah membawa surat pengunduran diri yang akan disampaikan langsung kepada Presiden begitu ia mendapat jadwal pertemuan.

"Saya tidak akan tinggal glanggang colong pelayu. Saya akan pamit baik-baik. Saya akan sampaikan surat ini begitu saya dijadwalkan diterima presiden," kata Mahfud di Lampung. Presiden sendiri dijadwalkan berada di luar kota hingga Kamis, sehingga pertemuan antara Mahfud dan Presiden direncanakan setelah keduanya tiba di Jakarta pada hari Kamis.

(Mond/B1)


#MahfudMD #MahfudMDMundurjadi Menteri #Jokowi #IstanaPresiden