Breaking News

Tragedi Penangkapan: Pelaku Perampokan Tewas dalam Baku Tembak dengan Polda Riau

Konferensi Pers Polda Riau

D'On, Pekanbaru (Riau),-
Pelarian perampok bersenjata api, RC (41), yang menjadi buron Polda Sumbar selama 3 tahun, berakhir tragis di tangan Polda Riau. Penangkapan terjadi di Desa Batu Belah, Kabupaten Kampar, pada Sabtu, 27 Januari 2024, pukul 06.00 WIB.

Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Riau, Kombes Pol Asep Darmawan, mengungkapkan bahwa operasi penangkapan ini merupakan hasil pengembangan dari penangkapan IL pada 25 Januari di Kampar dan MZ di KM 2 Jalan Garuda Sakti, Tapung. Kedua pelaku tersebut merupakan bagian dari jaringan perampokan yang diinisiasi oleh IL di Sumbar.

Saat penangkapan RC, pelaku bersenjata menembaki petugas, menyebabkan luka pada Aiptu Edi Jumarno di tangan dan Aiptu Hendri di dada. Kombes Asep Darmawan menyampaikan, "Beruntung, Aiptu Hendri menggunakan rompi anti-peluru saat kejadian. Peluru tidak masuk ke tubuh korban, yang mungkin menghindarkan tragedi lebih besar."

Dalam upaya penangkapan, petugas mengambil tindakan tegas terukur untuk melumpuhkan pelaku. Sebanyak 11 tembakan diarahkan ke arah RC, mengakibatkan kematian pelaku. Asep menekankan, "Tindakan ini diambil untuk melindungi nyawa petugas dan masyarakat sekitar."

Jenazah RC kemudian dilarikan ke RS Bhayangkara untuk proses autopsi sebelum diserahkan kepada pihak keluarga untuk pemakaman. Kombes Asep menambahkan, "Jenazah pelaku akan diserahkan ke pihak keluarga untuk dikebumikan, sambil kami terus melakukan penyelidikan lebih lanjut terkait jaringan kriminal yang mungkin masih terkait dengan kasus ini."

(Mond)


#Kriminal #Pekanbaru #BuronanPoldaSumbar