Breaking News

Sejarah Tertoreh: Wali Kota Hendri Septa Pertama Serahkan LKPD ke BPK


D'On, Padang (Sumbar),-
Pemerintah Kota Padang menandai tonggak sejarah baru dengan penyerahan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun anggaran 2023 kepada Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK-RI) Perwakilan Sumatera Barat. Wali Kota Padang, Hendri Septa, menjadi tokoh utama dalam peristiwa ini yang merupakan yang pertama kalinya terjadi di Sumatera Barat, pada Selasa (6/2/2024).

Sebelum prosesi penyerahan, dilakukan penandatanganan berita acara oleh kedua belah pihak, menandakan keseriusan dalam pengelolaan dan transparansi keuangan daerah.

Dalam LKPD tersebut, terdapat tujuh poin utama yang menjadi fokus perhatian, yang meliputi:

1. Laporan realisasi anggaran.

2. Laporan perubahan saldo anggaran lebih.

3. Neraca keuangan.

4. Laporan operasional.

5. Laporan arus kas.

6. Laporan perubahan ekuitas.

7. Catatan atas laporan keuangan.

Selain itu, LKPD juga memuat hasil review dari Inspektorat, pernyataan tanggungjawab kepala daerah atas LKPD, serta laporan keuangan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) untuk tahun anggaran 2023. Tak lupa, ada juga Laporan Ikhtisar Realisasi Kinerja Pemko Padang untuk tahun yang sama.

Optimisme tinggi terpancar dari Wali Kota Hendri Septa yang berharap agar LKPD yang disampaikan akan mendapatkan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari pemeriksaan BPK. Capaian Opini WTP sudah diraih sebanyak 10 kali, dengan 9 kali berturut-turut dalam beberapa tahun terakhir.

Kepala BPK-RI Perwakilan Sumatera Barat, Arif Agus, menegaskan bahwa penyerahan LKPD ini adalah yang pertama kali dilakukan oleh pemerintah daerah di Sumatera Barat. Ini menjadi pencapaian bersejarah bagi Kota Padang, yang juga untuk pertama kalinya menyerahkan LKPD sepanjang sejarah pemerintahan kota tersebut.

Setelah menerima LKPD, BPK-RI Perwakilan Sumatera Barat akan segera melakukan pemeriksaan terinci atas dokumen tersebut. Harapannya, capaian Opini WTP yang telah diperoleh oleh Pemko Padang untuk LKPD tahun anggaran 2022 dapat dipertahankan pada LKPD tahun 2023.

Dalam acara penyerahan tersebut, Wali Kota Hendri Septa didampingi oleh Sekretaris Daerah, Andree Algamar, Asisten Administrasi Umum, Corri Saidan, Kepala Inspektorat, Arfian, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah, Raju Minropa, Kepala Badan Pendapatan Daerah, Yosefriawan, dan Sekretaris Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Novalino.

(*)

#Padang #BPK #LKPD