Breaking News

Surya Paloh Membahas Potensi Koalisi dengan PDIP dalam Skenario Pilpres 2 Putaran

Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh 

D'On, Jakarta,-
Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh, membuka kemungkinan terbentuknya koalisi antara kubu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) dengan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), dalam konteks skenario Pilpres 2024 yang kemungkinan akan berlangsung dalam dua putaran. Hal ini muncul dengan prediksi pasangan AMIN akan bertarung melawan pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Menurut Paloh, kemungkinan terbentuknya koalisi tersebut sangat besar, mengingat kompleksitas tantangan yang dihadapi oleh Indonesia saat ini. Dalam konteks stabilitas nasional, Paloh menegaskan perlunya kerja sama antarpartai untuk menjaga kelancaran pemerintahan.

"Saya pikir itu amat sangat (mungkin), harusnya demikian. Dan itu bisa juga disadari oleh semua pihak karena begitu besar permasalahan yang kita hadapi," ujar Paloh di Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta, seperti yang dilansir dari CNN Indonesia pada Sabtu (10/2/2024).

Namun, Paloh tidak secara eksplisit menjawab apakah telah berkomunikasi dengan Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri. Dia hanya mengatakan bahwa keduanya tengah sibuk, tetapi menyatakan bahwa semangatnya untuk menjalin koalisi sama dengan yang dimiliki oleh Megawati.

"Saya pikir semangatnya sama, harapannya sama, pada diri Mbak Mega maupun saya, pasti lah," ujarnya.

Meskipun demikian, Paloh tidak menutup kemungkinan untuk kembali duduk bersama dengan Megawati seperti yang terjadi pada Pemilu 2014.

"Oh mungkin," tambahnya.

Partai NasDem sendiri mengusung Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dalam Pilpres 2024, yang merupakan bagian dari Koalisi Perubahan. Sementara itu, PDIP mengusung pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Analisis

Pernyataan Surya Paloh menyoroti dinamika politik menjelang Pilpres 2024 di tengah potensi adanya dua putaran dalam pemilihan tersebut. Potensi koalisi antara partai-partai politik besar menjadi perhatian utama dalam upaya memastikan stabilitas politik dan kelancaran pemerintahan di masa mendatang. Meskipun belum ada konfirmasi resmi tentang komunikasi antara Paloh dan Megawati, namun adanya kesamaan semangat untuk menjalin kerja sama dapat menjadi landasan untuk membangun koalisi di masa depan.

(Mond)

#Politik #Pilpres2024 #Pemilu2024 #SuryaPaloh