Breaking News

Austria Menghidupkan Asa ke 16 Besar Euro 2024 Usai Tundukkan Polandia 3-1 di Berlin

Marko Arnautovic (kanan) merayakan gol penalti ke gawang Polandia dalam laga Euro 2024. (AP/AP)

D'On, Berlin (Jerman),-
Austria membuka peluang mereka untuk melaju ke babak 16 besar Euro 2024 dengan kemenangan gemilang 3-1 atas Polandia pada laga penyisihan Grup D yang berlangsung di Stadion Olympia, Berlin, Jumat malam.

Austria memulai pertandingan dengan pola permainan agresif dan berhasil unggul terlebih dahulu di menit ke-9 melalui sundulan bek Gernot Trauner. Gol ini berawal dari lemparan ke dalam oleh Marcel Sabitzer, yang kemudian diteruskan oleh Phillipp Mwene ke depan gawang Polandia. Trauner memanfaatkan peluang ini dengan sundulan keras yang tak mampu diantisipasi kiper veteran Polandia, Wojciech Szczesny.

Polandia, yang tidak diperkuat striker andalannya, Robert Lewandowski, sejak awal pertandingan, mencoba bangkit. Pada menit ke-30, striker Krzysztof Piatek berhasil menyamakan kedudukan. Serangan balik cepat dari sisi kanan berujung pada tendangan keras yang sempat diblok oleh Trauner. Bola pantulan ini kemudian dimanfaatkan dengan baik oleh Piatek, yang melepas tembakan keras tanpa dapat dibendung kiper Patrick Pentz, mengubah skor menjadi 1-1.

Babak pertama berakhir dengan skor imbang setelah beberapa peluang dari kedua tim tidak membuahkan hasil. Tendangan bebas Piotr Zielinski nyaris membuat Polandia unggul menjelang akhir babak pertama, tetapi penyelamatan gemilang dari Pentz memastikan kedudukan tetap imbang saat turun minum.

Di babak kedua, Austria kembali menampilkan permainan menyerang. Mereka berhasil kembali unggul pada menit ke-66 melalui aksi Christoph Baumgartner. Gelandang RB Leipzig ini memanfaatkan umpan dari Alexander Prass dan melepas tendangan yang tak bisa dijangkau oleh Szczesny, mengubah skor menjadi 2-1.

Kemenangan Austria semakin dikuatkan dengan gol penalti dari Marko Arnautovic pada menit ke-76. Penalti diberikan setelah Szczesny melakukan pelanggaran terhadap Marcel Sabitzer di dalam kotak penalti. Arnautovic, dengan tenang, mengonversi penalti ini menjadi gol, memastikan keunggulan Austria 3-1. 

Austria, yang diasuh oleh Ralf Rangnick, bermain dengan formasi 4-2-3-1. Penyerang Inter Milan, Arnautovic, menjadi ujung tombak tunggal dan didukung oleh tiga gelandang serang: Konran Laimer, Baumgartner, dan Sabitzer. Duet Nicolas Seiwald dan Florian Grillitsch menjaga keseimbangan di lini tengah, sementara barisan pertahanan dikawal oleh Stefan Posch, Trauner, Philipp Lienhart, dan Phillipp Mwene. Patrick Pentz berdiri kokoh di bawah mistar gawang.

Sebaliknya, pelatih Polandia Michal Probierz menurunkan formasi 3-5-2 dengan mengandalkan duet Piatek dan Adam Buksa di lini depan. Lima gelandang yang diandalkan adalah Nicola Zalewski, Jakub Piotrowski, Bartosz Slisz, Zielinski, dan Przemyslaw Frankowski. Tiga bek, Jan Bednarek, Pawel Dawidowich, dan Jakub Kiwior, serta kiper Szczesny mengisi lini pertahanan.

Pergantian pemain dilakukan oleh kedua tim sepanjang babak kedua, dengan masuknya Robert Lewandowski menggantikan Piatek pada menit ke-60, serta masuknya Jakub Moder menggantikan Piotrowski. Austria juga memasukkan Patrick Wimmer menggantikan Grillitsch dan Kevin Danso menggantikan Trauner.

Polandia terus berupaya mengejar ketertinggalan dengan memasukkan pemain-pemain seperti Kamil Grosicki dan Karol Swiderski. Namun, pertahanan Austria yang solid dan serangan balik cepat mereka memastikan bahwa skor 3-1 bertahan hingga peluit panjang dibunyikan.

Kemenangan ini membuat Austria mengumpulkan tiga poin, menyamai perolehan poin Prancis dan Belanda yang akan saling berhadapan pada Sabtu dini hari. Pertandingan berikutnya, Austria akan berhadapan dengan Belanda, sedangkan Polandia akan mencoba peruntungan mereka melawan Prancis untuk menentukan nasib mereka di turnamen ini.

Susunan Pemain:

Polandia (3-5-2):

- Kiper: Wojciech Szczesny

- Bek: Jan Bednarek, Pawel Dawidowich, Jakub Kiwior

- Gelandang: Nicola Zalewski, Jakub Piotrowski, Bartosz Slisz, Piotr Zielinski, Przemyslaw Frankowski

- Penyerang: Adam Buksa, Krzysztof Piatek

-Pelatih: Michal Probierz

Austria (4-2-3-1):

- Kiper: Patrick Pentz

- Bek: Stefan Posch, Gernot Trauner, Philipp Lienhart, Phillipp Mwene

- Gelandang: Nicolas Seiwald, Florian Grillitsch

- Gelandang Serang: Konran Laimer, Christoph Baumgartner, Marcel Sabitzer

- Penyerang: Marko Arnautovic

- Pelatih: Ralf Rangnick

(Mond)

#Euro2024 #PialaEropa2024 #Sepakbola #Olahraga