Breaking News

Belanda Unggul Tipis 2-1 atas Polandia dalam Laga Pembuka Grup D Euro 2024

Pemain Timnas Belanda Cody Gakpo

D'On, Hamburg (Jerman),-
Euro 2024 dibuka dengan pertandingan sengit antara Tim Nasional (Timnas) Belanda dan Polandia, yang berakhir dengan kemenangan tipis 2-1 untuk Belanda. Pertandingan di Volksparkstadion, Hamburg, Jerman, pada Minggu (16/6/2024) malam WIB, ini berlangsung dengan intensitas tinggi dan penuh aksi.

Babak Pertama

Dari peluit awal, Belanda – yang akrab dijuluki De Oranje – menunjukkan niat untuk mendominasi. Peluang emas pertama datang dari Cody Gakpo pada menit kedua, tetapi tendangannya berhasil digagalkan kiper Polandia, Wojciech Szczesny. Polandia, yang dijuluki The Eagles, awalnya kesulitan menemukan irama permainan mereka. 

Namun, kegigihan Polandia membuahkan hasil pada menit ke-16 ketika Adam Buksa mencetak gol pembuka dengan tandukan tajam, memanfaatkan umpan silang yang cermat. Gol ini mengguncang Belanda yang segera berupaya merespons. Virgil van Dijk hampir menyamakan kedudukan tiga menit kemudian, namun tendangannya kembali berhasil ditepis oleh Szczesny.

Dominasi Belanda dalam penguasaan bola akhirnya membuahkan hasil pada menit ke-29. Cody Gakpo melepaskan tendangan keras yang tak dapat dihalau Szczesny, membawa skor menjadi imbang 1-1. Serangan demi serangan terus dilancarkan oleh kedua tim, namun tak ada gol tambahan hingga babak pertama berakhir dengan skor tetap 1-1.

Babak Kedua

Setelah jeda, intensitas pertandingan tak menurun. Kedua tim tampil agresif dengan saling serang, namun lini pertahanan masing-masing masih cukup kokoh. Pada menit ke-65, Belanda mendapat peluang melalui tendangan Denzel Dumfries yang sayangnya meleset dari sasaran.

Polandia, yang bermain lebih defensif, hanya mampu mengandalkan serangan balik cepat. Hingga memasuki menit ke-83, Belanda akhirnya berhasil mencetak gol kemenangan melalui Wout Weghorst. Weghorst, yang masuk dari bangku cadangan, memanfaatkan kemelut di depan gawang Polandia untuk melepaskan tembakan akurat yang membawa De Oranje unggul 2-1.

Polandia hampir menyamakan kedudukan di menit ke-89 lewat Karol Swiderski, tetapi tembakannya berhasil diamankan oleh Bart Verbruggen. Hingga peluit akhir dibunyikan, Belanda mempertahankan keunggulan mereka dan meraih tiga poin pertama di Grup D Euro 2024.

Susunan Pemain

Polandia (3-5-2):  

Wojciech Szczesny; Jan Bednarek, Bartosz Salamon (Bartosz Bereszynski 86’), Jakub Kiwior; Przemyslaw Frankowski, Kacper Urbanski (Karol Swiderski 55’), Piotr Zielinski (Jakub Piotrowski 78’), Taras Romanczuk (Bartosz Slisz 55’), Nicola Zalewski; Sebastian Szymanski (Jakub Moder 46’), Adam Buksa.

Cadangan: Marcin Bulka, Lukasz Skorupski, Pawel Dawidowicz, Sebastian Walukiewicz, Jakub Piotrowski, Karol Swiderski, Jakub Moder, Robert Lewandowski, Krzysztof Piatek, Kamil Grosicki, Tymoteusz Puchacz, Damian Szymanski, Bartosz Bereszynski, Bartosz Slisz, Michal Skoras.

Pelatih: Michal Probierz.

Belanda (4-3-3):  

Bart Verbruggen; Denzel Dumfries, Stefan De Vrij, Virgil van Dijk, Nathan Ake (Micky Van de Ven 86’); Jerdy Schouten, Tijjani Reijnders, Joey Veerman (Georginio Wijnaldum 62’); Xavi Simons (Donyell Malen 62’), Cody Gakpo (Jeremie Frimpong 81’), Memphis Depay (Wout Weghorst 81’).

Cadanga: Justin Bijlow, Mark Flekken, Lutsharel Geertruida, Matthijs De Ligt, Georginio Wijnaldum, Wout Weghorst, Jeremie Frimpong, Micky Van de Ven, Daley Blind, Donyell Malen, Ian Maatsen, Joshua Zirkzee, Steven Bergwijn, Ryan Gravenberch.

Pelatih: Ronald Koeman.

Pertandingan ini mencerminkan persaingan ketat di Euro 2024, dengan Belanda berhasil memanfaatkan momen krusial untuk mencetak gol kemenangan. Kemenangan ini menempatkan Belanda sementara di puncak klasemen Grup D, memulai turnamen dengan catatan positif. 

Bagi penggemar sepak bola, pertandingan ini menjadi pengingat betapa ketat dan menariknya persaingan di ajang internasional seperti Euro, di mana setiap gol dan setiap detik bisa menentukan hasil akhir.

(Mond)

#PialaEropa2024 #Sepakbola #Olahraga