Breaking News

Kapolri: Idul Adha Momentum Jaga Toleransi dan Kebhinekaan

Kapolri jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo 

D'On, Jakarta,–
Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo menyampaikan ucapan selamat Idul Adha 1445 Hijriyah kepada seluruh umat Islam di Indonesia. Dalam pesannya, Jenderal Sigit menekankan pentingnya semangat toleransi dan persatuan di tengah perayaan Hari Raya Idul Adha.

"Selamat Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriyah, mohon maaf lahir dan batin," ujar Jenderal Sigit pada Senin (17/6/24).

Jenderal Sigit menjelaskan bahwa Idul Adha memiliki makna mendalam, merujuk pada kisah Nabi Ibrahim AS yang bersedia mengorbankan putranya, Nabi Ismail AS, sebagai bentuk kepatuhan kepada Allah SWT. Menurutnya, kisah ini mengandung pesan penting tentang pengorbanan, keikhlasan, dan ketaatan yang relevan dengan nilai-nilai toleransi.

“Idul Adha bukan hanya tentang ibadah kurban, tapi juga momen untuk memperkuat semangat toleransi dan kebhinekaan di Indonesia. Mari kita rayakan Hari Raya Kurban dengan semangat persatuan dan menjaga keragaman bangsa,” tutur Kapolri.

Pada perayaan kali ini, jajaran pejabat utama (PJU) Markas Besar Kepolisian Republik Indonesia (Mabes Polri) mengadakan salat Idul Adha di Lapangan Bhayangkara Mabes Polri. Khutbah salat Idul Adha dipimpin oleh Prof. Ali Munhanif, M.A., Ph.D., Wakil Rektor III Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta. Dalam khutbahnya, Prof. Ali menekankan pentingnya persaudaraan dan kepedulian sosial, khususnya dalam konteks pengorbanan dan berbagi di hari besar ini.

Kadiv Humas Polri, Irjen. Pol. Sandi Nugroho, menambahkan bahwa pada perayaan Idul Adha tahun ini, Polri menyumbangkan total 8.583 hewan kurban yang terdiri dari 5.209 sapi dan 3.374 kambing. Dari jumlah tersebut, sebanyak 611 sapi dan 17 kambing dikumpulkan di Satuan Kerja (Satker) Mabes Polri, sementara selebihnya didistribusikan di jajaran Polda.

"Distribusi hewan kurban diarahkan ke berbagai lokasi, termasuk Komplek Polri, Asrama Polri, Pondok Pesantren, Yayasan Yatim Piatu, serta Markas Komando (Mako) Polres dan Polsek se-Jabodetabek," jelas Irjen. Sandi.

Langkah Polri dalam distribusi hewan kurban ini diharapkan tidak hanya membantu memenuhi kebutuhan daging kurban di masyarakat, tetapi juga mempererat hubungan antara kepolisian dan masyarakat. Hal ini sejalan dengan upaya Polri untuk terus menjaga keamanan dan ketertiban serta memperkuat kebersamaan di tengah masyarakat yang majemuk.

Dalam suasana Idul Adha, Kapolri mengajak seluruh masyarakat untuk merenungkan makna pengorbanan dan ketaatan, serta menjadikan perayaan ini sebagai momentum untuk memupuk rasa saling menghargai dan menghormati di tengah keragaman.

(*)

#IdulAdha2024 #Kapolri #Nasional