Breaking News

PBB Berhentikan Afriansyah Noor dari Posisi Sekjen, Kebijakan Diputuskan Setelah Pertimbangan Matang

Wakil Menteri Ketenagakerjaan Afriansyah Noor

D'On, Jakarta,-
Partai Bulan Bintang (PBB) mengumumkan pemberhentian Sekretaris Jenderal (Sekjen) Afriansyah Noor pada 12 Juni 2024. Penjabat Ketua Umum PBB, Fahri Bachmid, menegaskan bahwa keputusan ini bukan mendadak, melainkan hasil pertimbangan matang untuk konsolidasi internal partai. 

Fahri, yang mengumumkan pemberhentian pada 17 Juni 2024, menyatakan, “Tidak ada yang mendadak, semua telah melalui pertimbangan serta kecermatan yang mendalam, sampai pada kesimpulan untuk melakukan penggantian, itu hal biasa dalam sebuah organisasi, tidak ada yang istimewa, itu kebijakan yang generik saja sesungguhnya.”

Keputusan untuk Kepentingan Organisasi

Menurut Fahri, langkah ini diambil setelah Musyawarah Dewan Partai pada 18 Mei 2024. Dalam rangka memperkuat organisasi, berbagai kebijakan diimplementasikan, termasuk pergantian pengurus di Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PBB. “Penggantian posisi sekjen atau pengurus dalam struktur organisasi adalah hal yang biasa terjadi,” kata Fahri.

Ia menekankan bahwa pemberhentian ini sejalan dengan AD/ART PBB dan dipicu oleh kebutuhan mendesak untuk persiapan menghadapi agenda strategis nasional, seperti Pilkada langsung 2024. Fahri menambahkan, “Proses penggantian posisi pengurus dan Sekjen di internal PBB sering dilakukan karena merupakan wewenang penuh Ketua Umum atau Pj Ketua Umum DPP PBB, sesuai dengan kepentingan dan kebutuhan organisasi.”

Pemecatan saat Bertugas di Swiss

Afriansyah Noor menerima kabar pemecatannya saat berada di Jenewa, Swiss, untuk menghadiri konferensi Organisasi Perburuhan Internasional (ILO) sebagai Wakil Menteri Ketenagakerjaan RI. Melalui video di akun TikTok resminya, ia menyatakan, “Per tanggal 12 Juni 2024 kemarin, saya sudah diberhentikan dengan beberapa kawan-kawan sebagai pengurus Partai Bulan Bintang dan berita ini saya terima ketika saya sedang dinas di Konferensi ILO internasional di Swiss, Jenewa.”

Ucapan Terima Kasih kepada Yusril Ihza Mahendra

Afriansyah, yang telah berkiprah di PBB selama hampir 27 tahun, menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Yusril Ihza Mahendra, mantan Ketua Umum PBB yang mundur pada 18 Mei 2024. “Saya mengucapkan ribuan terima kasih kepada Pak Yusril dan teman-teman. Kebersamaan saya bersama PBB selama hampir kurang lebih 27 tahun ini sangat berkesan baik suka duka, sukacita, bersama-sama PBB,” ungkap Afriansyah.

Penutup Karier Panjang di PBB

Afriansyah telah mengabdi sebagai Wakil Menteri Ketenagakerjaan selama dua tahun di bawah pemerintahan Presiden Joko Widodo. Ia mencatat bahwa perjalanan politiknya bersama PBB penuh dengan pengalaman berharga, meski kini harus berakhir. “Ini bagian dari dinamika politik yang harus saya alami,” tutupnya.

Kebijakan ini diharapkan mampu memperkuat PBB dalam menghadapi tantangan politik mendatang, meski memicu pertanyaan di kalangan internal partai dan pengamat politik tentang dampak perubahan ini terhadap stabilitas partai.


(*)

#PartaiBulanBintang #Politik #AfriansyahNoor