Breaking News

Portugal Lolos ke Babak 16 Besar Euro 2024 Usai Kalahkan Turki dengan Skor Telak

Pemain Timnas Turki Lakukan Gol Bunuh Diri, Pemain Portugal Rayakan Kemenangan (bawah)

D'On, Dortmund (Jerman),-
Tim nasional Portugal memastikan langkah ke babak 16 besar Euro 2024 setelah membungkam Turki dengan kemenangan telak 3-0 di Signal Iduna Park, Sabtu (23/6/2024). Kemenangan ini mengukuhkan posisi Seleção das Quinas di puncak klasemen Grup F, sementara Turki harus berjuang pada laga terakhir untuk mengejar tiket sisa ke fase gugur.

Babak Pertama: Dominasi Portugal

Pertandingan baru berjalan satu menit ketika Cristiano Ronaldo membuka ancaman dengan tendangan voli, namun kiper Turki, Altay Bayindir, sigap menangkap bola. Turki hampir membalikkan keadaan di menit kelima lewat peluang emas Kerem Aktürkoğlu, namun pertahanan Portugal berhasil menghalau ancaman tersebut.

Portugal akhirnya memecah kebuntuan di menit ke-21. Umpan silang dari Rafael Leão disambut Bernardo Silva yang berdiri bebas, menuntaskan peluang dengan tembakan akurat tanpa mampu dihadang Bayindir. Keunggulan 1-0 membuat Portugal semakin dominan.

Petaka bagi Turki datang di menit ke-28. Kesalahan koordinasi antara Samet Akaydin dan Altay Bayindir berujung pada gol bunuh diri. Akaydin yang mencoba mengoper bola ke kiper, justru membuat bola bergulir masuk ke gawang yang kosong, memberikan Portugal keunggulan 2-0.

Turki nyaris memperkecil ketertinggalan pada menit ke-31 ketika tendangan Kerem Aktürkoğlu dari dalam kotak penalti ditepis gemilang oleh Diogo Costa. Portugal juga punya kesempatan menambah gol, namun tendangan Bruno Fernandes di menit ke-35 melambung tinggi. Hingga turun minum, skor 2-0 untuk Portugal bertahan.

Babak Kedua: Ronaldo dan Fernandes Menambah Keunggulan

Memasuki babak kedua, Portugal terus menekan. Pada menit ke-51, Pedro Neto mengirimkan umpan matang ke depan gawang, namun tak ada pemain Portugal yang mampu menyambutnya. Dua menit berselang, tendangan Yusuf Yazıcı dari luar kotak penalti langsung mengarah ke pelukan Diogo Costa.

Gol ketiga Portugal tercipta pada menit ke-56. Ronaldo yang berhasil lolos dari jebakan offside, dengan cerdik mengirimkan umpan ke Bruno Fernandes. Dengan ketenangan, Fernandes menaklukkan Bayindir, mengubah kedudukan menjadi 3-0.

Upaya Turki untuk memperkecil skor tidak membuahkan hasil. Pada menit ke-67, Barış Alper Yılmaz terjatuh di dalam kotak penalti, namun wasit tidak menganggapnya sebagai pelanggaran. Peluang lain dari Arda Güler di menit ke-80 juga digagalkan pertahanan Portugal.

Menjelang akhir laga, Portugal memiliki kesempatan menambah gol lewat aksi Bernardo Silva di menit ke-87 dan 89, namun kiper Turki berhasil menghalau serangan tersebut. Hingga peluit panjang dibunyikan, skor 3-0 tetap bertahan untuk kemenangan Portugal.

Susunan Pemain

Turki (4-5-1):

- Kiper: Altay Bayindir

- Bek: Samet Akaydin, Ferdi Kadıoğlu, Abdülkerim Bardakcı, Mehmet Zeki Çelik

- Gelandang:Orkun Kökçü, Kaan Ayhan, Kerem Aktürkoğlu, Hakan Çalhanoğlu, Yunus Akgün

- Penyerang: Barış Alper Yılmaz

Cadangan: Yusuf Yazıcı, Bertuğ Yıldırım, Semih Kılıçsoy, Kenan Yıldız, Uğurcan Çakır, Salih Özcan, Cenk Tosun, Ahmetcan Kaplan, Okay Yokuşlu, Mert Müldür, Arda Güler, İsmail Yüksek, Merih Demiral

Pelatih: Vincenzo Montella

Portugal (4-3-3):

- Kiper: Diogo Costa

- Bek: Pepe, Nuno Mendes, João Cancelo, Rúben Dias

- Gelandang: Vitinha, João Palhinha, Bruno Fernandes

- Penyerang: Bernardo Silva, Cristiano Ronaldo, Rafael Leão

Cadangan: Matheus Nunes, João Neves, Pedro Neto, Gonçalo Inácio, António Silva, Rui Patrício, Danilo Pereira, Gonçalo Ramos, Rúben Neves, José Sá, João Félix, Nélson Semedo, Diogo Dalot, Diogo Jota, Chico Conceição

Pelatih: Roberto Martínez

Dengan hasil ini, Portugal berhasil melaju ke fase 16 besar Euro 2024. Sementara Turki harus memaksimalkan laga terakhir mereka untuk peluang lolos dari Grup F.

(Mond) 

#Euro2024 #PialaEropa2024 #Sepakbola #Olahraga