Breaking News

Ramalan Kiamat Kushal Kumar pada 29 Juni 2024 Meleset: Dunia Masih Aman

Ilustrasi Ramalan Hari Kiamat 

Dirgantaraonline,-
Berita astrolog asal India, Kushal Kumar, yang memprediksi kiamat pada 29 Juni 2024, telah mengguncang dunia. Menurutnya, kiamat akan dimulai dengan Perang Dunia III, dipicu oleh ketegangan global seperti konflik Gaza, ketegangan antara China dan Taiwan, dan potensi bentrokan NATO-Rusia. Namun, pada Minggu, 30 Juni 2024, dunia tetap aman, menunjukkan prediksi Kumar meleset. Fenomena ini mengingatkan kita pada sejarah panjang prediksi kiamat yang gagal.

1. Kiamat Suku Maya (2012)

Ramalan tentang akhir dunia pada 21 Desember 2012 berakar dari interpretasi yang salah atas kalender hitung panjang Suku Maya. Beberapa percaya ini adalah akhir waktu, memicu skenario kiamat seperti tabrakan Bumi dengan planet imajiner Nibiru, semburan matahari raksasa, hingga bencana pasang surut besar. Namun, hari itu berlalu tanpa kejadian apokaliptik.

2. Ramalan Harold Camping (2011)

Harold Camping, dikenal karena memprediksi kiamat 12 kali berdasarkan numerologi Alkitab. Pada tahun 1992, ia meramalkan akhir dunia pada 1994. Prediksi paling terkenal adalah 21 Mei 2011, dihitung sebagai 7.000 tahun setelah banjir besar dalam Alkitab. Ketika tidak ada yang terjadi, Camping memundurkan kiamat ke 21 Oktober 2011, yang juga meleset.

3. Kiamat Kedatangan UFO (1988)

Hon-Ming Chen, pemimpin agama Taiwan, mendirikan Chen Tao, yang menggabungkan elemen Kristen, Buddha, dan teori UFO. Chen mengklaim Tuhan akan muncul di televisi AS pada 25 Maret 1988, dan turun ke Bumi minggu berikutnya. Tahun berikutnya, ia meramalkan jutaan roh jahat dan banjir besar akan memusnahkan umat manusia, dan pengikutnya harus membeli tiket pesawat luar angkasa untuk selamat.

4. Kiamat Komet Halley (1910)

Pada 1910, kepanikan global terjadi ketika komet Halley mendekati Bumi. Kekhawatiran bahwa komet akan menyebabkan kehancuran besar, baik melalui tabrakan atau gas beracun, didorong oleh media dan surat kabar dengan berita sensasional. Bumi memang terkena bagian ekor komet, tetapi tanpa efek yang nyata.

5. Kiamat Millerisme (1843-1844)

William Miller, pemimpin keagamaan, meramalkan kedatangan kedua Yesus Kristus pada 1843. Sekitar 100.000 pengikutnya percaya mereka akan dibawa ke surga pada tanggal tersebut. Ketika prediksi ini meleset, Miller mengoreksi dan menyebut 1844 sebagai tahun akhir dunia, yang juga gagal terwujud.

6. Kiamat Joanna Southcott (1814)

Joanna Southcott, yang mendengar suara-suara meramalkan kejadian masa depan, mengklaim akan melahirkan mesias kedua pada 1814, yang menandai akhir dunia. Namun, ia meninggal sebelum 'bayi' itu lahir, dan ramalannya tidak pernah terbukti.

7. Kiamat dari Ayam (1806)

Di Leeds, Inggris, seekor ayam bertelur dengan tulisan “Kristus akan datang”. Hal ini menimbulkan kepanikan akan Hari Penghakiman. Namun, ternyata pemilik ayam yang menulis pada telur dengan tinta korosif dan memasukkannya kembali ke tubuh ayam, sehingga prediksi ini hanyalah tipuan.

8. Kebakaran Besar London (1666)

Pada 1666, angka iblis 666 membuat orang takut akan kiamat. Kebakaran Besar London dari 2-5 September 1666, yang menghancurkan sebagian besar kota, dilihat sebagai penggenapan ramalan kiamat. Namun, kerugian nyawa rendah dibanding kerusakan fisik, menegaskan ini bukanlah akhir dunia.

9. Kiamat Banjir Besar (1524)

Johannes Stöffler meramalkan banjir besar pada 25 Februari 1524, ketika semua planet sejajar di bawah astrologi Pisces. Panik umum terjadi, dan banyak orang mempersiapkan diri menghadapi banjir, termasuk membangun bahtera. Meskipun ada hujan ringan, banjir besar yang diramalkan tidak pernah terjadi.

10. Kiamat Montanisme (abad ke-2)

Gerakan Montanisme di Frigia abad ke-2, berdasarkan penglihatan Montanus yang mengaku berbicara di bawah pengaruh roh kudus, percaya kedatangan kedua Kristus sudah dekat. Banyak umat Kristen meninggalkan rumah mereka menuju dataran di Frigia, tempat Montanus mengklaim Yerusalem surgawi akan turun ke Bumi. Namun, kedatangan ini tidak pernah terwujud.

Kegagalan ramalan-ramalan ini memperlihatkan bahwa meskipun prediksi kiamat sering menarik perhatian, kenyataannya seringkali jauh dari yang diramalkan.


(Rini)

#Peristiwa #RamalanGagal #HariKiamat