Breaking News

Sapi Kurban Ditemukan Mengandung Dua Janin: Fenomena Langka di Pekanbaru

Sapi jantan yang disembelih di Masjid Attaubah, Perumahan Athaya I, Pekanbaru, pada 17 Juni 2024, ditemukan mengandung dua janin.

D'On, Pekanbaru (Riau),–
Sebuah peristiwa mengejutkan terjadi saat pelaksanaan penyembelihan hewan kurban di Masjid Attaubah, Perumahan Athaya I, Jalan Melati RT 03/RW 03, Kelurahan Binawidya, Kota Pekanbaru, Riau. Pada Senin (17/6/2024), panitia kurban menemukan dua janin di dalam perut seekor sapi jantan yang telah disembelih.

Ketua RT 03, Muhammad Arsyad, mengungkapkan bahwa penyembelihan dilakukan seusai salat Iduladha di halaman masjid. Temuan ini pertama kali diketahui saat panitia membelah perut sapi tersebut untuk mengambil organ dalamnya.

"Ini memang fenomena yang cukup mengejutkan. Sulit kita jelaskan secara ilmiah, karena sapi ini menunjukkan ciri-ciri sapi jantan yang normal ketika dibeli," ujar Arsyad pada Selasa (18/6/2024). "Kami juga memastikan bahwa semua sapi yang dibeli adalah jantan, namun saat perutnya dibuka, ditemukan dua janin. Satu berkelamin jantan dan satu berkelamin betina."

Proses Penyembelihan yang Dramatis

Arsyad menjelaskan bahwa tidak ada tanda-tanda keanehan yang terlihat pada sapi sebelum penyembelihan. Namun, satu sapi menunjukkan perilaku yang berbeda dari biasanya. Ketika panitia berusaha mengikat sapi tersebut, tali di hidungnya putus dan sapi tersebut meronta hingga tiang tenda menjadi miring. Setelah usaha keras, sapi tersebut akhirnya bisa ditumbangkan dan disembelih.

"Saat membuka perutnya, kami menemukan selaput yang terbungkus rapi di dalamnya, dan setelah selaput itu dibuka, kami melihat dua janin sapi yang sudah berkembang," kata Arsyad.

Misteri Asal-Usul Sapi Jantan yang Mengandung Janin

Temuan ini membuat panitia dan peserta kurban merasa heran dan kaget. Sebelum pelaksanaan kurban, panitia telah melakukan verifikasi terhadap lima ekor sapi jantan yang dibeli. Dua sapi berasal dari wilayah Rumbai, sedangkan tiga lainnya dibeli dari Air Tiris, Kabupaten Kampar.

Arsyad menambahkan, "Kami membeli sapi-sapi ini setelah memastikan semuanya jantan. Kami berharap ini bukan pertanda buruk, melainkan fenomena alam yang jarang terjadi dan kita tidak ketahui sebabnya."

Penemuan sapi jantan yang mengandung janin memang sangat jarang terjadi. Dalam dunia kedokteran hewan, fenomena ini dikenal sebagai "chimera" atau mungkin kasus hewan interseks, di mana seekor sapi jantan dapat memiliki karakteristik betina secara internal. Ini adalah kejadian yang sangat langka dan biasanya sulit dideteksi tanpa pemeriksaan medis yang mendalam.

Masyarakat dan peserta kurban di Masjid Attaubah berharap temuan ini tidak membawa dampak negatif atau dianggap sebagai pertanda buruk. "Kami berdoa agar kejadian ini membawa hikmah dan bukan sesuatu yang negatif. Ini adalah ciptaan Allah yang kadang-kadang melampaui pemahaman kita," tutup Arsyad.


(*)

#Viral #Peristiwa #SapiKurban