Breaking News

Satgas Yonif 133/Yudha Sakti Rebut Markas OPM di Maybrat, Papua Barat Daya

Satgas Yudha Sakti amankan barang bukti usai baku tembak dengan OPM Sorong Raya. (Antara/Paulus Pulo)

D'On, Sorong Raya, Papua Barat Daya,-
Dalam operasi militer yang berlangsung pada Minggu (23/6/2024), Satuan Tugas Batalyon Infanteri 133/Yudha Sakti berhasil merebut markas Organisasi Papua Merdeka (OPM) di hutan Distrik Aifat Selatan, Kabupaten Maybrat, Papua Barat Daya. Keberhasilan ini menandai pencapaian penting dalam upaya memberantas perlawanan OPM di wilayah tersebut.

Operasi yang dipimpin oleh Letkol Inf Andhika Ganessakti berlangsung setelah Tim Mobile Sakti 1 yang dipimpin Sertu Dega Jandri Folanda dan Tim Mobile Sakti 3 yang dipimpin Sertu Dimas Nuhali Pardosi menemukan lokasi markas OPM. Ketika hendak melakukan penyergapan, empat anggota OPM yang bersenjatakan senjata api rakitan langsung melancarkan serangan terhadap pasukan.

Kontak senjata yang terjadi mengakibatkan satu anggota OPM terluka, terbukti dari bercak darah yang ditemukan di tempat kejadian. Namun, anggota OPM tersebut berhasil melarikan diri ke dalam hutan. Letkol Ganessakti menjelaskan, "Dalam kontak tembak, pasukan kami berhasil menguasai markas dan mengamankan berbagai barang bukti yang menunjukkan aktivitas OPM di wilayah ini."

Barang bukti yang berhasil diamankan termasuk satu pucuk senjata api rakitan, empat butir amunisi kaliber 5.56, satu selongsong, satu magazen, dan satu helai bendera bintang kejora—simbol perlawanan OPM. Selain itu, ditemukan dua panel surya, satu handphone android, satu handphone polifonik, dan satu radio komunikasi.

Ganessakti melanjutkan, tim juga menyita tiga pylox, delapan senter, satu peluit, belasan baterai merk ABC, satu power cell, berbagai macam dokumen kwitansi, beberapa lembar jimat, belasan busur dan anak panah, bahan makanan, serta atribut OPM lainnya. Barang-barang ini mengindikasikan bahwa markas tersebut berfungsi sebagai pusat operasional penting bagi OPM di wilayah Sorong Raya.

"Kejadian ini merupakan bukti nyata dari keseriusan dan komitmen kami dalam menumpas perlawanan OPM. Mengamankan senjata api rakitan berikut magazen dan amunisinya merupakan pencapaian signifikan," tegas Ganessakti. Keberhasilan pasukan dalam operasi ini juga menunjukkan peningkatan kemampuan dalam menghadapi dan mengatasi tantangan dari kelompok bersenjata di Papua Barat Daya.

Pasukan Yudha Sakti berhasil kembali dengan lengkap dan aman ke markas mereka, membawa hasil operasi yang signifikan bagi stabilitas keamanan di wilayah tersebut. “Keberhasilan ini bukan hanya tentang menguasai markas OPM, tetapi juga memperlihatkan keteguhan hati dan semangat juang anggota kami dalam menjalankan tugas negara,” tutup Ganessakti.

Operasi yang dilakukan oleh Satgas Yonif 133/YS ini diharapkan dapat memberikan dampak signifikan dalam mengurangi aktivitas perlawanan OPM di wilayah Sorong Raya, sekaligus meningkatkan rasa aman bagi masyarakat setempat.

(*)

#OPM #Peristiwa #TNI #Yonif133/YudhaSakti