Breaking News

Swiss Tahan Imbang Jerman, Lolos ke 16 Besar Euro 2024 Bersama Tuan Rumah, Hungaria dan Skotlandia Harus Tersingkir

Striker Jerman Niclas Fuellkrug (tengah) mencetak gol penyeimbang ke gawang Swiss, menghindarkan timnya dari kekalahan dalam laga terakhir Grup A Euro 2024 di Waldstadion, Frankfurt, Senin, 24 Juni 2024. (AP/AP)

D'On, Frankfurt (Jerman),-
  Swiss berhasil menahan imbang tuan rumah Jerman dengan skor 1-1 dalam laga terakhir penyisihan grup A Euro 2024 di Waldstadion, Frankfurt. Hasil ini memastikan Swiss melangkah ke babak 16 besar bersama Jerman yang memuncaki klasemen.

Dalam pertandingan lain di grup ini, Hungaria meraih kemenangan tipis 1-0 atas Skotlandia berkat gol Kevin Csobot di pengujung laga. Ini adalah kemenangan pertama Hungaria di kejuaraan antarnegara Eropa tahun ini. Dengan hasil ini, Hungaria berada di peringkat ketiga grup dengan 3 poin, sementara Skotlandia terpuruk di dasar klasemen dengan hanya 1 poin.

Laga Krusial: Jerman vs Swiss

Jerman, yang tampil dengan harapan tinggi sebagai tuan rumah Euro 2024, memulai pertandingan dengan agresif. Ilkay Gundogan dan Toni Kroos memimpin serangan sejak awal, sementara Swiss tampil solid dalam bertahan.

Di menit ke-16, Robert Andrich hampir membawa Jerman unggul. Tendangan jarak jauhnya mengarah ke gawang, namun VAR menganulir gol tersebut karena pelanggaran oleh Jamal Musiala dalam proses gol. Musiala, yang kehilangan bola di area pertahanan sendiri pada menit ke-28, berujung pada gol Swiss. Kesalahan itu dimanfaatkan Remo Freuler yang memberikan umpan kepada Dan Ndoye untuk mencetak gol.

Gol ini mengejutkan Jerman dan memacu mereka untuk lebih agresif menyerang. Namun, Swiss menunjukkan pertahanan yang solid. Kiper Yann Sommer tampil cemerlang dengan beberapa penyelamatan penting, menahan gelombang serangan dari para penyerang Jerman.

Strategi dan Pergantian Pemain

Di babak kedua, pelatih Jerman Julian Nagelsmann merespon dengan sejumlah pergantian. Masuknya Niclas Fuellkrug menggantikan Jamal Musiala pada menit ke-76 membuktikan keputusan tepat. Fuellkrug mencetak gol penyeimbang pada menit ke-92, memanfaatkan umpan silang dari David Raum. Gol ini memastikan Jerman mengakhiri pertandingan dengan seri, sekaligus memuncaki klasemen dengan 7 poin.

“Ini pertandingan yang sulit, Swiss bermain dengan sangat baik. Kami harus bekerja keras untuk mencapai hasil ini,” kata Fuellkrug setelah pertandingan.

Klasemen Akhir Grup A

Jerman mengakhiri penyisihan grup sebagai juara dengan 7 poin. Swiss di posisi kedua dengan 4 poin, Hungaria dengan 3 poin, dan Skotlandia di posisi juru kunci dengan 1 poin.

Prospek Babak 16 Besar

Dengan hasil ini, Swiss akan menghadapi salah satu tim tangguh, kemungkinan besar juara bertahan Italia atau finalis Piala Dunia 2018, Kroasia, di babak 16 besar. Sementara itu, Jerman akan bertemu tim peringkat kedua grup C, yang saat ini ditempati Denmark.

Jerman berharap untuk mengakhiri kekecewaan di turnamen besar dalam satu dekade terakhir. Sebelumnya, mereka dua kali tersingkir di fase grup Piala Dunia dan terhenti di babak 16 besar pada Piala Eropa terakhir. Kali ini, sebagai tuan rumah, ambisi Jerman untuk meraih gelar sangat besar.

Penampilan Menonjol

Beberapa pemain menunjukkan performa menonjol dalam laga ini. Yann Sommer dari Swiss melakukan beberapa penyelamatan krusial yang memastikan hasil imbang. Di pihak Jerman, Toni Kroos dan Ilkay Gundogan tampil dominan di lini tengah, meskipun gagal memecah kebuntuan Swiss hingga gol Fuellkrug di masa injury time.

Susunan Pemain

Swiss: Yann Sommer, Fabian Schar, Manuel Akanji, Ricardo Rodriguez, Silvan Widmer, Remo Freuler, Granit Xhaka, Michel Aebischer, Dan Ndoye, Breel Embolo, Fabian Rieder.  

Pelatih: Murat Yakin.

Jerman: Manuel Neuer, Joshua Kimmich, Antonio Rudiger, Jonathan Tah, Marvin Plattenhardt, Robert Andrich, Toni Kroos, Jamal Musiala, Ilkay Gundogan, Florian Wirtz, Kai Havertz.  

Pelatih: Julian Nagelsmann.

(Mond)

#Euro2024 #PialaEropa2024 #Sepakbola #Olahraga