Breaking News

Ukraina Bangkit dan Kalahkan Slovakia 2-1, Peluang ke 16 Besar Terbuka Lebar

Roman Yaremchuk merayakan gol kemenangannya ke gawang Slovakia.

D'On, Düsseldorf (Jerman),-
Ukraina meraih kemenangan dramatis 2-1 atas Slovakia pada pertandingan penyisihan Grup E Euro 2024 di Stadion Markur-Spiel Arena, Düsseldorf, Jumat (21/6/2024). Hasil ini membuka peluang besar Ukraina untuk melaju ke babak 16 besar.

Jalannya Pertandingan

Pertandingan berlangsung sengit sejak awal. Slovakia unggul lebih dulu melalui gol Ivan Schranz pada menit ke-17. Gol ini lahir dari situasi lemparan ke dalam yang diteruskan Lukas Haraslin dengan umpan silang ke kotak penalti. Schranz memanfaatkan kesempatan ini dengan sundulan yang tak mampu dibendung kiper Ukraina, Anatoliy Trubin.

Slovakia nyaris menambah keunggulan melalui tendangan bebas pada menit ke-16, tetapi Trubin berhasil menepisnya. Ukraina yang tertinggal mulai meningkatkan intensitas serangan. Pada menit ke-27, Artem Dovbyk memperoleh peluang emas namun tendangannya ditepis oleh kiper Slovakia, Martin Dúbravka. Serangan Ukraina pada menit ke-33 juga hampir membuahkan hasil jika saja tendangan Andriy Yarmolenko tidak membentur tiang gawang.

Babak Kedua: Kebangkitan Ukraina

Memasuki babak kedua, Ukraina berusaha keras untuk menyamakan kedudukan. Usaha mereka terbayar pada menit ke-53 saat Mykola Shaparenko mencetak gol penyeimbang. Gol ini diawali oleh serangan balik cepat yang dipimpin oleh bek kiri Oleksandr Zinchenko. Zinchenko mengirim umpan ke depan gawang yang diselesaikan dengan baik oleh Shaparenko.

Ukraina hampir menambah keunggulan pada menit ke-71 melalui Mykhailo Mudryk, namun tendangan kerasnya hanya membentur mistar gawang. 

Akhirnya, Ukraina berbalik unggul pada menit ke-80 berkat gol Roman Yaremchuk yang baru masuk menggantikan Dovbyk pada menit ke-67. Berawal dari serangan Mykola Shaparenko yang memberikan umpan kepada Yaremchuk, pemain Dinamo Kyiv ini kemudian mengecoh kiper Slovakia sebelum mencetak gol ke gawang yang kosong. Gol ini adalah yang ke-16 untuk Yaremchuk bersama tim nasional Ukraina.

Reaksi dan Implikasi

Kemenangan ini membawa Ukraina naik ke posisi kedua klasemen Grup E dengan 3 poin, setara dengan Rumania yang akan bertanding pada hari Sabtu. Slovakia, yang sebelumnya meraih kemenangan mengejutkan 1-0 atas Belgia, kini juga memiliki 3 poin namun harus berjuang lebih keras pada pertandingan terakhir melawan Rumania.

Pelatih Ukraina, Serhiy Rebrov, menyatakan kepuasannya atas performa tim yang menunjukkan semangat juang tinggi meski sempat tertinggal. "Kami tahu ini pertandingan yang krusial. Anak-anak bermain dengan hati dan tidak menyerah meski sempat tertinggal," ujar Rebrov dalam konferensi pers pasca pertandingan.

Prospek Kedua Tim

Pertandingan berikutnya akan menjadi penentu nasib kedua tim. Ukraina akan menghadapi Belgia pada Rabu (26/6/2024) mendatang, sementara Slovakia harus bertemu Rumania pada hari yang sama. Kemenangan dalam pertandingan tersebut akan memastikan tempat di babak 16 besar bagi masing-masing tim.

Susunan Pemain:

Slovakia (4-3-3):

- Kiper: Martin Dúbravka

- Belakang: Peter Pekarík, Denis Vavro, Milan Skriniar, David Hancko

- Tengah: Jurac Kucka, Stanislav Lobotka, Ondrej Duda

- Depan: Ivan Schranz, Robert Bozenik, Lukas Haraslin

- Pelatih: Francesco Calzona

Ukraina (4-3-3):

- Kiper: Anatoliy Trubin

- Belakang: Oleksandr Tymchyk, Illia Zabarnyi, Mykola Matviienko, Oleksandr Zinchenko

- Tengah: Volodymyr Brazhko, Heorhii Sudakov, Mykola Shaparenko

- Depan: Andriy Yarmolenko, Artem Dovbyk, Mykhailo Mudryk

- Pelatih: Serhiy Rebrov

(Mond)

#Euro2024 #PialaEropa2024 #Sepakbola #Olahraga