Breaking News

Buronan KPK Harun Masiku Diduga Berada di Jakarta, Wakil Ketua KPK: "Jakarta Kan Luas

Wakil Ketua KPK Alexander Marwata

D'On, Jakarta –
Isu yang menyebut buronan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Harun Masiku, berada di Jakarta kembali mencuat. Hingga kini, pimpinan KPK masih bertanya-tanya terkait keberadaan Harun yang belum ditemukan.

"Jakarta kan luas bos. Ada 10 juta warga, dan saya enggak tahu ngumpetnya di mana," ujar Wakil Ketua KPK, Alexander Marwata, di gedung KPK, Jakarta, Selasa (9/7/2024).

Pengejaran yang Tidak Mudah

Alexander menjelaskan bahwa KPK terus melakukan upaya pengejaran terhadap Harun Masiku. Namun, ia mengakui bahwa proses tersebut tidaklah mudah.

"Kalau kawan-kawan ada yang tahu, ya beritahukan. Nanti kita jemput bersama. Jadi upaya itu terus kami lakukan. Tidak mudah, tetapi kami meyakini cepat atau lambat pasti akan ketemu juga," tutur Alex.

Keberadaan Harun dan Hubungannya dengan Hasto Kristiyanto

Sebelumnya, KPK disebut sudah mengetahui keberadaan salah satu buronannya, Harun Masiku. Bahkan, keberadaan Harun dikaitkan dengan sosok Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI Perjuangan (PDIP), Hasto Kristiyanto.

Informasi ini disebut diperoleh penyidik KPK, Rossa Purbo Bekti, saat memeriksa dan menggeledah rumah anggota tim hukum PDIP, Donny Tri Istiqomah, pada Rabu (3/7/2024). Informasi tersebut diungkapkan oleh tim kuasa hukum Donny, Army Mulyanto.

Intimidasi dan Upaya KPK untuk Membujuk Donny Tri Istiqomah

Army menyampaikan adanya upaya dari tim penyidik KPK untuk membujuk Donny agar dapat bekerja sama selama proses penggeledahan.

"Sebenarnya lebih ke memastikan supaya Pak Donny bisa bekerja sama. Bahkan sampai Pak Rossa menyampaikan bahwa dia sudah tahu keberadaan Harun Masiku masih ada di Jakarta. Bahkan mengait-ngaitkan sama Pak Sekjen, Pak Hasto," kata Army saat dijumpai di kantor Dewas KPK, Jakarta, Selasa (9/7/2024).

Army juga mengklaim bahwa tim penyidik KPK melobi Donny hingga belasan kali agar bersikap kooperatif dan dapat diajak bekerja sama. Penyidik KPK bahkan disebut sampai membawa-bawa keluarga Donny dalam upaya tersebut.

"Ini penuturan Pak Rossa ke Pak Donny, 'Pak Donny enggak sayang sama anak-anak? Mereka masih kecil-kecil loh, enggak mempertimbangkan ekonomi ke depannya.' Kira-kira begitu kalimatnya," ungkap Army.

Tantangan dan Harapan KPK

Pernyataan Alex dan informasi dari Army menunjukkan betapa kompleks dan menantangnya upaya KPK dalam memburu Harun Masiku. Meski demikian, KPK tetap optimis bahwa keberadaan Harun akan terungkap dan ia akan segera ditangkap.

Dengan dukungan informasi dari masyarakat dan kerjasama yang baik, diharapkan upaya KPK untuk memberantas korupsi dan menangkap buronan seperti Harun Masiku dapat berhasil.

(Mond)

#KPK #HarunMasiku #DPO