Breaking News

Gibran Rakabuming Raka Resmi Mundur dari Jabatan Wali Kota Solo

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka membereskan barang-barang pribadinya di ruang kerja Balai Kota Solo, Jawa Tengah, pada Selasa, 16 Juli 2024.

D'On, Solo -
Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, membuat langkah mengejutkan dengan secara resmi mengajukan surat pengunduran dirinya kepada pimpinan DPRD Kota Solo pada hari Selasa (16/7/2024). Keputusan ini diambil menyusul terpilihnya Gibran sebagai Wakil Presiden Indonesia. Seusai menyerahkan surat pengunduran diri, Gibran langsung membersihkan ruang kerjanya dan mengemasi barang-barang pribadinya.

Tidak seperti biasanya, Gibran tidak lagi menggunakan mobil dinas AD 1 A saat meninggalkan kantor DPRD menuju Balai Kota Solo. Sebagai gantinya, ia memilih mobil pribadi Nissan Juke AD 1514 YU. Setibanya di Balai Kota, Gibran segera masuk ke ruang kerjanya dan mulai mengemasi berbagai barang pribadinya yang tersebar di meja kerja.

Ruang kerja Gibran di Balai Kota Solo memang terkenal penuh dengan koleksi pribadi yang unik. Sejumlah mobil Tamiya limited edition yang sudah dirakit dan tertata rapi di rak mini, beberapa masih tersimpan dalam kardus. Selain itu, terdapat koleksi action figure karakter Lego yang tersusun di lemari kaca khusus, serta patung topeng Darth Vader dari serial Star Wars. Tak ketinggalan, koleksi Bearbrick miliknya juga ikut dikemas.

Saat ditanya mengenai alasan membawa koleksi mainan tersebut ke ruang kerjanya, Gibran menjawab bahwa keberadaan mainan-mainan tersebut membuatnya merasa nyaman selama bekerja. "Yang favorit? Enggak ada, sama semua. Dibawa ke sini biar nyaman saja pas kerja. Mungkin nanti ada yang diberikan ke orang karena tidak mungkin saya bawa ke kantor di Jakarta (Istana Wapres). Di sana sudah banyak barang," ujarnya sambil terus membereskan barang-barangnya.

Tidak hanya koleksi mainan, ruang kerja Gibran juga dipenuhi tumpukan buku bacaan, beberapa di antaranya masih tersegel. Selain itu, ada sejumlah lukisan berukuran besar, termasuk lukisan putra sulungnya, Jan Ethes Srinarendra. "Foto keluarga enggak ada, itu adanya lukisan anak," tambahnya.

Selain membereskan barang-barang pribadinya, putra sulung Presiden Joko Widodo ini juga berusaha menyelesaikan tumpukan dokumen yang belum ditandatangani, termasuk penilaian kinerja aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemkot Solo. "Kami beresin dahulu semua biar bisa dipakai Pak Wakil Wali Kota Solo (Teguh Prakosa) nantinya. Yang banyak barang ya di sini (ruang kerja). Kalau di Loji Gandrung (rumah dinas) enggak ada barang-barang karena kan kosong sana, paling beberapa kucing. Nanti mau tak titipin ke rumah ibu (Iriana Jokowi) di Sumber, kasihan kalau dibawa ke Jakarta," jelasnya.

Pengunduran diri ini dilakukan tiga bulan sebelum pelantikan Gibran sebagai Wakil Presiden. Gibran menegaskan bahwa ia tidak akan lagi berkantor di Balai Kota setelah surat pengunduran dirinya diserahkan. Suami Selvi Ananda ini menyatakan bahwa dirinya sudah siap untuk tugas barunya di Jakarta dan berusaha memastikan semua urusan di Solo tertangani dengan baik sebelum ia berangkat.

Keputusan ini mengundang berbagai tanggapan dari masyarakat Solo. Banyak yang merasa kehilangan, namun juga bangga karena salah satu putra terbaik Solo akan mengemban tugas di tingkat nasional. Gibran sendiri mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada warga Solo yang telah mendukungnya selama ini dan berharap dapat terus berkontribusi untuk Indonesia di posisi barunya.


(*)

#GibranRakabuming #Nasional