Breaking News

Inggris Bangkit dari Ketertinggalan dan Kalahkan Slovakia 2-1 di Babak 16 Besar Euro 2024

Jude Bellingham dan Harry Kane, 2 Pemain Timnas Inggris yang Cetak Gol ke gawang Slovakia di Euro 2024

D'On, Gelsenkirchen (Jerman),-
Inggris berhasil lolos dari lubang jarum dalam laga dramatis babak 16 besar Euro 2024 dengan membalikkan keadaan untuk mengalahkan Slovakia 2-1. Pertandingan yang berlangsung di Stadion Arena AufSchalke, Senin (1/7/2024) dini hari WIB, menampilkan kebangkitan yang luar biasa dari skuad Gareth Southgate, mengamankan tempat di perempat final untuk menghadapi Swiss.

Babak Pertama: Slovakia Unggul Duluan

Di luar dugaan, Slovakia tampil menyerang sejak menit pertama. Tim besutan Francesco Calzona itu langsung menekan pertahanan Inggris, menciptakan peluang berbahaya dalam empat menit pertama. Meski percobaan awal dari Jurac Kucka dan Lukas Haraslin belum menemui sasaran, serangan Slovakia akhirnya membuahkan hasil di menit ke-25. 

Gol pembuka Slovakia berawal dari kesalahan bek Inggris, Marc Guehi, yang gagal mengamankan bola dengan baik. David Strelec memanfaatkan situasi ini dan memberikan umpan kepada Ivan Schranz. Meski hampir kehilangan keseimbangan, Schranz berhasil menaklukkan kiper Jordan Pickford dengan tendangan yang menghujam gawang Inggris, membawa Slovakia unggul 1-0.

Inggris berusaha keras untuk menyamakan kedudukan. Namun, lini pertahanan Slovakia yang solid membuat para pemain Inggris seperti Harry Kane, Phil Foden, Bukayo Saka, dan Jude Bellingham kesulitan menemukan celah. Skor 1-0 untuk keunggulan Slovakia bertahan hingga akhir babak pertama.

Babak Kedua: Inggris Menekan, Slovakia Bertahan

Memasuki babak kedua, Inggris mengubah strategi dengan bermain lebih menyerang. Namun, upaya mereka masih menemui kendala di barisan pertahanan Slovakia yang tampil disiplin. Gol Phil Foden pada menit ke-50 dianulir wasit karena terjebak offside, membuat Inggris tetap tertinggal.

Southgate kemudian melakukan pergantian pemain untuk memperkuat lini serang. Bek Kieran Trippier ditarik keluar dan digantikan oleh Cole Palmer pada menit ke-66. Inggris terus mengurung pertahanan Slovakia, dengan beberapa peluang emas tercipta tetapi belum berhasil merobek gawang Martin Dúbravka.

Menit ke-77, Harry Kane nyaris menyamakan kedudukan dengan sundulan yang sayangnya melebar. Peluang emas lainnya datang pada menit ke-80 ketika tendangan keras Declan Rice dari luar kotak penalti membentur tiang gawang, bola pantul yang coba dimanfaatkan Kane juga gagal masuk ke gawang.

Drama Menit Akhir dan Perpanjangan Waktu

Ketika pertandingan tampak akan berakhir dengan kekalahan Inggris, Jude Bellingham muncul sebagai penyelamat. Pada menit ke-90+6, pemain Real Madrid itu mencetak gol penyama kedudukan dengan tendangan membelakangi gawang yang memukau, memaksa pertandingan berlanjut ke babak tambahan waktu.

Dalam babak tambahan, Inggris memulai dengan serangan langsung. Harry Kane mencetak gol kemenangan hanya satu menit setelah perpanjangan waktu dimulai, memanfaatkan umpan sundulan dari Ivan Toney. Gol tersebut menjadi penentu kemenangan Inggris, yang kemudian bertahan dengan baik hingga peluit panjang berbunyi.

Pada pengujung babak pertama perpanjangan waktu, Slovakia hampir menyamakan kedudukan melalui bek Peter Pekarik, namun tendangannya melebar dari sasaran.

Menuju Perempat Final

Kemenangan dramatis ini membawa Inggris melaju ke perempat final Euro 2024, di mana mereka akan bertemu dengan Swiss yang sebelumnya mengalahkan juara bertahan Italia dengan skor 2-0. Pertandingan perempat final tersebut dijadwalkan berlangsung pada 6 Juli 2024 di Düsseldorf.

Susunan Pemain:

Inggris (4-2-3-1): Jordan Pickford; Kyle Walker, John Stones, Marc Guehi, Kieran Trippier (Cole Palmer 66'); Declan Rice, Kobbie Mainoo (Eberechi Eze 84'); Bukayo Saka, Jude Bellingham (Ezri Konsa 106'), Phil Foden (Ivan Toney 90+4'); Harry Kane (Conor Gallagher 106')  

Pelatih: Gareth Southgate


Slovakia (4-3-3): Martin Dúbravka; Peter Pekarík, Denis Vavro, Milan Skriniar, David Hancko; Juraj Kucka (Matus Bero 81'), Stanislav Lobotka, Ondrej Duda (Lazlo Benes 81'); Ivan Schranz (Norbert Gyomber 90+3'), David Strelec (Robert Bozenik 61'), Lukas Haraslin (Thomas Suslov 61')  

Pelatih: Francesco Calzona

(Mond)

#Euro2024 #PialaEropa2024 #Sepakbola #Olahraga