Breaking News

Inggris Tundukkan Belanda 2-1 dan Melaju ke Final Euro 2024

Gol Telat Ollie Watkins ke Gawang Timnas Belanda Bawa Inggris Bertemu Timnas Spanyol di Final Euro 2024

D'On, Dortmund –
Inggris berhasil mengatasi perlawanan sengit Belanda dengan skor tipis 2-1 dalam pertandingan semifinal Euro 2024 yang digelar di Stadion Signal Iduna Park, Dortmund. Kemenangan ini memastikan langkah Inggris menuju final untuk menghadapi Spanyol.

Pertandingan yang Menegangkan

Belanda memulai pertandingan dengan kuat, mencetak gol pembuka di menit ketujuh melalui Xavi Simons. Gelandang Paris Saint-Germain ini berhasil merebut bola dari Declan Rice dan melepaskan tembakan keras dari luar kotak penalti yang tak mampu dijangkau kiper Inggris, Jordan Pickford.

Meski tertinggal, Inggris tidak butuh waktu lama untuk merespons. Di menit ke-13, Harry Kane nyaris mencetak gol namun tendangannya berhasil ditangkap oleh kiper Belanda, Bart Verbruggen. Tidak lama kemudian, Kane kembali mendapat peluang dan terlibat kontak dengan Denzel Dumfries di dalam kotak penalti. Wasit Felix Zwayer dari Jerman, setelah berkonsultasi dengan VAR, memberikan hadiah penalti kepada Inggris.

Harry Kane dengan tenang mengeksekusi penalti tersebut, mengarahkan bola ke pojok kanan gawang dan menyamakan kedudukan menjadi 1-1. Gol ini menghidupkan kembali semangat Inggris, yang terus menekan pertahanan Belanda sepanjang sisa babak pertama.

Babak Kedua yang Ketat

Di babak kedua, kedua tim melakukan beberapa pergantian pemain. Belanda memasukkan Wout Weghorst untuk menggantikan Donyell Malen, sementara Inggris menarik Kieran Trippier dan memasukkan Luke Shaw. Pertandingan semakin sengit dengan kedua tim berusaha mencari celah untuk mencetak gol kemenangan.

Belanda nyaris unggul kembali di menit ke-64 ketika tendangan bebas Joey Veerman disambut dengan sepakan keras Virgil van Dijk. Namun, kiper Inggris Jordan Pickford berhasil menepis bola tersebut. Beberapa menit kemudian, Xavi Simons melepaskan tembakan dari luar kotak penalti yang mengarah tepat ke pelukan Pickford.

Inggris hampir mencetak gol di menit ke-79 melalui Bukayo Saka, namun gol tersebut dibatalkan setelah wasit berkomunikasi dengan VAR. Gareth Southgate kemudian membuat dua pergantian pemain, memasukkan Cole Palmer dan Ollie Watkins untuk menggantikan Phil Foden dan Harry Kane.

Gol Penentu di Penghujung Pertandingan

Kemenangan Inggris akhirnya dipastikan pada menit ke-90+1 ketika pemain pengganti Ollie Watkins mencetak gol. Menerima umpan dari Cole Palmer, pemain Crystal Palace ini melepaskan tendangan keras yang bersarang di pojok gawang Belanda, mengubah skor menjadi 2-1.

Skor tersebut bertahan hingga peluit akhir berbunyi, membawa Inggris ke final Euro 2024 untuk bertemu Spanyol di Stadion Olympia Berlin pada Minggu (14/7/2024).

Statistik dan Susunan Pemain

Inggris mencatat 60% penguasaan bola dan menghasilkan dua tembakan tepat sasaran. Belanda, dengan 40% penguasaan bola, juga menghasilkan dua tembakan ke gawang.

Susunan pemain:

Belanda (4-3-3): Bart Verbruggen; Denzel Dumfries, Stefan de Vrij, Virgil van Dijk, Nathan Ake; Xavi Simons, Tijjani Reijnders, Jerdy Schouten; Donyell Malen (Wout Weghorst 46), Memphis Depay (Joey Veerman 35), Cody Gakpo.  

Pelatih: Ronald Koeman.

Inggris (3-4-2-1): Jordan Pickford; Kyle Walker, John Stones, Marc Guehi; Bukayo Saka, Declan Rice, Kobbie Mainoo, Kieran Trippier (Luke Shaw 46); Phil Foden (Cole Palmer 81), Jude Bellingham; Harry Kane (Ollie Watkins 81).  

Pelatih: Gareth Southgate.

Dengan kemenangan ini, Inggris memiliki kesempatan untuk menghapus kenangan pahit final Euro 2020, di mana mereka kalah dari Italia melalui adu penalti. Kini, seluruh mata tertuju pada laga final yang akan berlangsung di Berlin, di mana Inggris akan berjuang untuk meraih gelar juara Euro pertama mereka.

(Mond)

#Euro2024 #PialaEropa2024 #Sepakbola #Olahraga