Breaking News

Islam Tekankan Kepedulian dan Doa untuk Anak Yatim

Ilustrasi Berdoa Untik Anak Yatim

Dirgantaraonline -
Anak yatim adalah seseorang yang ditinggal wafat ayahnya sebelum mencapai usia baligh atau dewasa. Islam sangat menekankan pentingnya peduli dan memberikan perhatian khusus kepada anak yatim. Hal ini terlihat jelas dalam banyak ayat Al-Quran dan hadis Nabi Muhammad SAW yang menekankan kemuliaan menyantuni anak yatim. Dalam Surat Al-Ma'un, Allah SWT mencela orang yang menghardik anak yatim, menandakan betapa besar perhatian Islam terhadap mereka.

Surat Al-Ma'un (QS. 107:1-2):

 أَرَءَيْتَ الَّذِى يُكَذِّبُ بِالدِّينِ۝ فَذٰلِكَ الَّذِى يَدُعُّ الْيَتِيمَ۝  

"Tahukah kamu (orang) yang mendustakan agama? Itulah orang yang menghardik anak yatim."

Mengurus Anak Yatim dengan Baik

Para ahli tafsir menjelaskan bahwa kata "menghardik" dalam ayat tersebut sama dengan berlaku sewenang-wenang, menganiaya, dan tidak memberikan hak-haknya. Jika tidak ingin termasuk golongan orang yang mendustakan atau mengingkari agama, maka hindarilah sikap-sikap tersebut. Anak yatim semestinya senantiasa diurus dan diperlakukan penuh kasih sayang. 

Allah SWT berfirman dalam Surat Al-Baqarah (QS. 2:220):

وَيَسْـَٔلُونَكَ عَنِ الْيَتَـٰمَىٰۖ قُلْ إِصْلَـٰحٌۭ لَّهُمْ خَيْرٌۭۖ وَإِن تُخَالِطُوهُمْ فَإِخْوَٟنُكُمْۖ وَٱللَّهُ يَعْلَمُ ٱلْمُفْسِدَ مِنَ ٱلْمُصْلِحِۚ وَلَوْ شَآءَ ٱللَّهُ لَأَعْنَتَكُمْۚ إِنَّ ٱللَّهَ عَزِيزٌ حَكِيمٌۭ  

"Dan mereka bertanya kepadamu tentang anak yatim, katakanlah: Mengurus urusan mereka secara patut adalah baik, dan jika kamu bergaul dengan mereka, maka mereka adalah saudaramu; dan Allah mengetahui siapa yang membuat kerusakan dari yang mengadakan perbaikan. Dan jikalau Allah menghendaki, niscaya Dia dapat mendatangkan kesulitan kepadamu. Sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana."

Kemuliaan Menyantuni Anak Yatim

Menyantuni anak yatim memiliki banyak sekali kemuliaan di dalam Islam. Salah satunya adalah berdampingan dengan Rasulullah SAW di surga kelak. Hal ini disebutkan dalam hadis sahih berikut:

“'Aku dan orang-orang yang mengasuh (menyantuni) anak yatim di surga seperti ini,' Kemudian beliau memberi isyarat dengan jari telunjuk dan jari tengah seraya sedikit merenggangkannya.”  

(HR. Bukhari)

Jika belum bisa menyantuni, maka mendoakan pun sudah termasuk kebaikan untuk mereka. Ada banyak doa yang bisa dibaca, berikut di antaranya:

Doa untuk Anak Yatim

1. Doa Pertama

Ketika menemui anak yatim, disarankan untuk mengusap kepala mereka sambil membacakan doa yang termuat dalam kitab Faidul Qadir susunan Imam al-Munawi berikut:

 جَبْرَ اللَّهُ يُتْمَكَ وَجَعَلَكَ خَلْفًا مِّنْ أَبِيكَ  

"Jabrallahu yutmaka wa ja’alaka khalfann min abiika"   

Artinya: “Semoga Allah menutup keyatimanmu dan menjadikanmu pengganti yang baik dari ayahmu.”  

(al-Munawi, Faidh al-Qadir, jilid. 1, halaman 108)

2. Doa Kedua

Mengutip laman BAZNAS, berikut doa yang bisa dibaca umat Muslim kapan pun mereka ingin mendoakan anak yatim:

 اللّهُمَّ أَنْتَ وَلِيُّ الْمُؤْمِنِينَ، وَأَنْتَ وَلِيُّ الْيَتِيمِ، فَتَوَلَّ يَتِيمِي هَذَا فَأَحْسِنْ إِلَيْهِ وَارْحَمْهُ وَاكْفِلْهُ مِنْ لَدُنْكَ خَيْرَ الْكَافِلِ   

"Allahumma anta waliyyul-mu’minin, wa anta waliyyul-yatim, fa-waliyyi yatiimanii hadhaa fa-ahsin ilahi waar-hu waakfilhu min ladunka khairal-kafil."    

Artinya: "Ya Allah, Engkaulah Pelindung orang-orang beriman, dan Engkaulah Pelindung anak yatim. Oleh karena itu, lindungilah anak yatim ini, berilah dia kebaikan, dan jadilah Engkau Penjaganya yang terbaik dari sisi-Mu."

3. Doa Ketiga

Masih mengutip laman BAZNAS, berikut doa untuk memohon rezeki dan perlindungan bagi anak yatim:

 اللّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ أَنْ تَرْزُقَهُ وَتُرَبِّيَهُ وَتَحْفَظَهُ وَتُحْسِنَ تَرْبِيَتَهُ وَتَكْفُلَهُ مِنْ شَرِّ الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ  

"Allahumma inni as’aluka an tarzuqahu wa turabbiyahu wa tahfazuhu wa tahsnu tarbiyatahu wa takhuluhu min syarrid-dunyaa wa aakhirati."  

Artinya: "Ya Allah, aku mohon kepada-Mu agar Engkau memberinya rezeki, mendidiknya, melindunginya, dan membaguskan pendidikannya, serta menyelamatkannya dari kejahatan dunia dan akhirat."

4. Doa Keempat

Apabila Anda sedang mengurus anak yatim, maka berikut doa yang bisa dipanjatkan untuk mendapatkan bantuan Allah menurut BAZNAS:

 اللّهُمَّ أَعِنِّي عَلَى رِعَايَةِ يَتِيمِي هَذَا وَاكْفِلْهُ مِنْ لَدُنْكَ خَيْرَ الْكَافِلِ  

"Allahumma ainniialaa ri’aayati yatiimii hadhaa waakfilhu min ladunka khairal-kafil."  

Artinya: "Ya Allah, bantulah aku dalam mengasuh anak yatim ini dan jadilah Engkau Penjaganya yang terbaik dari sisi-Mu."

Dengan menjaga dan menyantuni anak yatim, umat Islam tidak hanya mengikuti perintah Allah SWT tetapi juga mendapatkan keberkahan serta kemuliaan di dunia dan akhirat.

(Rini)

#Religi #Islami #DoaUntukAnakYatim