Breaking News

Manjakan Penumpang di HJK Padang ke-355, Naik Trans Padang Hanya Bayar 1 Rupiah

Trans Padang 

D'On, Padang -
Dalam rangka memperingati Hari Jadi Kota (HJK) Padang yang ke-355, Pemerintah Kota Padang melalui Perusahaan Umum Daerah Padang Sejahtera Mandiri (PSM) memberikan hadiah istimewa bagi warganya. Pada tanggal 7 Agustus mendatang, penumpang bus Trans Padang cukup membayar hanya Rp1,- untuk menikmati layanan transportasi massal tersebut.

Direktur Utama PSM, Alvino Martha, menjelaskan bahwa kebijakan ini diambil untuk merayakan ulang tahun kota dengan cara yang spesial sekaligus untuk menghitung jumlah penumpang harian. "Iya, menyambut dan memeriahkan HJK Padang ke-355, tanggal 7 Agustus nanti naik Trans Padang hanya membayar 1 rupiah," ungkap Alvino saat diwawancarai di Padang, Rabu (31/7/2024).

Menurut Alvino, tujuan utama dari inisiatif ini adalah untuk memberikan kebahagiaan dan kepuasan kepada masyarakat. "Bagi kami, dikenakan ongkos sebesar Rp1,- itu untuk mengetahui jumlah penumpang setiap hari," tambahnya. Dengan harga yang nyaris gratis, diharapkan warga Padang dapat merasakan manfaat dari layanan Trans Padang dan menikmati perjalanan tanpa terbebani biaya yang besar.

Pada tanggal 7 Agustus, sebanyak 65 unit bus Trans Padang akan beroperasi penuh untuk melayani masyarakat. Semua koridor akan dibuka, kecuali koridor dua yang masih dalam tahap perbaikan. "Tentunya kita ingin masyarakat terlayani dengan baik, apalagi di saat kotanya sedang berulang tahun, bisa naik bus ke mana saja tanpa biaya besar," ujar Alvino.

Dalam hari-hari biasa, tarif bus Trans Padang adalah Rp3.500,- untuk penumpang umum dan Rp1.500,- untuk pelajar. Harga ini berlaku untuk semua jarak tempuh, baik jauh maupun dekat. Alvino berharap bahwa dengan adanya program khusus ini, warga Padang akan semakin mencintai kotanya dan menggunakan transportasi umum lebih sering.

Di usianya yang ke-355 tahun, Alvino memiliki harapan besar agar Kota Padang dapat bangkit dan menjadi kota yang lebih besar serta mampu bersaing dengan kota-kota lain di Indonesia. "Semoga Kota Padang menjadi kota besar yang dapat bersaing dengan kota lain," harapnya.

Program satu hari naik Trans Padang hanya dengan Rp1,- ini tidak hanya sekadar perayaan, tetapi juga merupakan langkah strategis untuk memperkenalkan dan meningkatkan penggunaan transportasi umum di kalangan warga Padang. Semoga inisiatif ini bisa menjadi contoh bagi kota-kota lain dalam merayakan hari jadinya dengan cara yang bermanfaat bagi masyarakat. (Charlie)

(Mond)

#TransPadang #Padang #HariJadiKotaPadangke355