Breaking News

Operasi Patuh Singgalang 2024: Polda Sumbar Keluar Ribuan Tilang dalam Enam Hari

Operasi Patuh Singgalang 2024 Tilang Ribuan Pelanggar Lalulintas 

D'On, Sumbar –
Dalam rangka menciptakan keamanan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas, Polda Sumbar menggelar Operasi Patuh Singgalang 2024. Hingga hari keenam pelaksanaan, ribuan tilang telah dikeluarkan oleh jajaran lalu lintas di wilayah hukum Polda Sumbar kepada pelanggar lalu lintas.

Menurut Dirlantas Polda Sumbar Kombes Pol Dwi Nur Setiawan, S.Ik melalui Kabag Ops Ditlantas AKBP Agung Pranajaya, S.Ik, hingga hari keenam Operasi Patuh Singgalang 2024, penindakan berupa tilang telah mencapai 1.626 pelanggar. "Penindakan dilakukan baik melalui ETLE Statis, ETLE Mobile, maupun tilang manual," ujar AKBP Agung.

Tilang diberikan kepada pengendara yang terlihat melanggar aturan secara kasat mata, seperti tidak menggunakan helm, melawan arus, dan menggunakan knalpot tidak sesuai spesifikasi.

Selain penindakan tegas dengan tilang, Polda Sumbar juga memberikan 3.493 teguran kepada pengendara yang belum tertib berlalu lintas. "Peneguran ini bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada pengendara agar lebih disiplin," tambahnya.

Operasi ini mengutamakan tindakan preemtif dan preventif dibandingkan dengan penegakan hukum (gakkum). "Perbandingannya adalah 40 persen preemtif, 40 persen preventif, dan hanya 20 persen untuk penilangan," jelas AKBP Agung.

Sebagai bagian dari upaya menekan angka kecelakaan, Polda Sumbar juga melakukan kegiatan preemtif berupa pendidikan kepada masyarakat melalui berbagai media. "Kami memberikan edukasi melalui media cetak, elektronik, media sosial (Facebook, Twitter, Instagram, dan Web), serta pemasangan spanduk, leaflet, stiker, dan bilboard," ungkapnya.

Tidak hanya itu, sosialisasi juga dilakukan di sekolah-sekolah guna memberikan edukasi berlalu lintas sejak usia dini. "Diharapkan upaya ini mampu mengurangi angka dan fatalitas kecelakaan lalu lintas," ujarnya.

Polda Sumbar juga melakukan kampanye tertib berlalu lintas di Simpang Jamria Padang pada hari Jum'at, 19 Juli 2024. "Rencananya, kampanye ini akan kita lakukan lagi dalam waktu dekat," tambah AKBP Agung.

AKBP Agung mengimbau kepada seluruh masyarakat Sumatera Barat untuk mewujudkan budaya tertib berlalu lintas dan menghindari pelanggaran demi keselamatan bersama. "Ayo dunsanak semua, mari kita wujudkan budaya tertib berlalu lintas dan jauhi pelanggaran lalu lintas demi keselamatan," imbaunya.

Operasi Patuh Singgalang 2024 ini menunjukkan komitmen Polda Sumbar dalam menciptakan ketertiban dan keamanan berlalu lintas di Sumatera Barat. Dengan edukasi dan penindakan yang seimbang, diharapkan angka kecelakaan dan pelanggaran lalu lintas dapat menurun secara signifikan.

(Mond)

#OperasiPatuhSinggalang #PoldaSumbar