Breaking News

Pembukaan Seleksi CPNS 2024 Belum Ada Kejelasan, Ini Alasan di Baliknya

Ilustrasi 

D'On, Jakarta -
Masyarakat yang menantikan seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) 2024 harus bersabar lebih lama. Hingga akhir Juli ini, pemerintah belum memberikan kepastian terkait jadwal pembukaan seleksi yang dinantikan tersebut. Padahal, sebelumnya telah diumumkan bahwa seleksi CASN, termasuk Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), akan dimulai pada Juli 2024. 

Namun, hingga pekan terakhir bulan ini, belum ada kabar baik yang diterima. Mundurnya jadwal ini sebenarnya bukan hal baru, karena sebelumnya pemerintah juga telah mengundur jadwal dari target awal yang ditetapkan pada Juni 2024.

Penyebab Mundurnya Jadwal Seleksi CPNS

Penundaan ini disebabkan oleh belum lengkapnya usulan formasi dari berbagai kementerian dan lembaga pemerintah pusat. Menteri PANRB, Abdullah Azwar Anas, menjelaskan bahwa banyak kementerian dan lembaga yang belum menyetorkan formasi yang akan dibuka untuk seleksi tahun ini.

"Terkait dengan CPNS, ini kaitannya dengan pengusulan dari kementerian atau lembaga," kata Anas pada Minggu (28/7/2024).

Anas mencontohkan bahwa kementerian dan lembaga pemerintah pusat seharusnya mendapatkan kuota sebanyak 200.000 formasi untuk lulusan baru atau fresh graduate. Namun, hingga saat ini, baru ada usulan sebanyak 130.341 formasi. 

"Inilah yang menyebabkan kita menunggu, karena formasi yang kita berikan tidak diusulkan kementerian atau lembaga maupun pemerintah daerah," lanjutnya.

Badan Kepegawaian Negara (BKN) juga menegaskan bahwa hingga saat ini belum ada pengumuman resmi mengenai kapan pendaftaran CPNS akan dimulai. Hal ini ditegaskan BKN setelah beredar informasi viral di media sosial yang menyebutkan bahwa pendaftaran CPNS akan dibuka mulai 15 Juli 2024.

Dalam unggahan di TikTok, dikatakan bahwa pengumuman seleksi CPNS akan berlangsung mulai 15-29 Juli 2024, sementara pendaftaran dimulai pada 16 Juli hingga 5 Agustus 2024.

"Terkait rencana pelaksanaan seleksi CPNS dan PPPK masih menunggu pembukaan resmi dari Kementerian PANRB," ujar Vino Dita Tama, Plt Kepala Biro Humas, Hukum, dan Kerja Sama BKN, dikutip dari CNN Indonesia.

Vino memastikan bahwa BKN akan segera mengumumkan jika jadwal pembukaan sudah ditetapkan. Pihaknya akan menyampaikan lebih lanjut jadwal per tahapannya dan mengimbau masyarakat untuk menunggu informasi resmi dari pemerintah.

"Silakan ditunggu informasinya," tegasnya.

Penundaan ini tentunya menimbulkan berbagai reaksi dari masyarakat. Bagi sebagian besar fresh graduate yang berharap bisa segera mengikuti seleksi CPNS, penundaan ini menjadi kabar yang mengecewakan. Banyak yang telah mempersiapkan diri sejak lama untuk mengikuti seleksi ini, termasuk mengikuti berbagai pelatihan dan bimbingan belajar.

Namun, di sisi lain, penundaan ini juga memberikan kesempatan bagi para calon pelamar untuk lebih mempersiapkan diri. Mereka bisa memanfaatkan waktu tambahan ini untuk memperdalam materi dan memperkuat strategi menghadapi seleksi nanti.

Meski penundaan ini menimbulkan ketidakpastian, diharapkan pemerintah segera memberikan kepastian terkait jadwal pembukaan seleksi CPNS 2024. Masyarakat pun diimbau untuk tetap bersabar dan menunggu informasi resmi dari pemerintah, sehingga bisa mempersiapkan diri dengan baik dan tidak terjebak pada informasi yang belum valid.

Dalam situasi seperti ini, penting bagi calon pelamar untuk tetap update dengan informasi resmi dari pemerintah dan tidak mudah terpengaruh oleh kabar yang belum tentu kebenarannya. Semoga seleksi CPNS 2024 bisa segera dimulai dan berjalan lancar, sehingga bisa memberikan kesempatan bagi putra-putri terbaik bangsa untuk bergabung menjadi aparatur sipil negara yang berintegritas dan profesional.

(Mond)

#PPPK #CPNS #BKN #nasional