Breaking News

Prancis Melaju ke Perempat Final Euro 2024 Usai Tundukkan Belgia 1-0

Randal Kolo Muani (kanan) mencetak gol bagi Prancis melalui tendangan yang membentur pemain Belgia Jan Vertonghen pada menit ke-85, membawa Prancis menang 1-0 atas Belgia dalam pertandingan 16 besar Euro 2024 di Düsseldorf, Senin (1/7/2024).

D'On, Düsseldorf (Jerman),–
Prancis sukses mengamankan tiket perempat final Euro 2024 setelah mengalahkan Belgia dengan skor tipis 1-0 dalam pertandingan sengit di Merkur Spiel-Arena. Gol tunggal yang memastikan kemenangan anak asuh Didier Deschamps terjadi akibat gol bunuh diri Jan Vertonghen, yang tidak mampu menghalau tendangan Randal Kolo Muani dan justru mengarahkan bola ke gawang sendiri.

Jalannya Pertandingan

Prancis dan Belgia memulai pertandingan dengan pendekatan hati-hati, mencerminkan pentingnya laga 16 besar ini. Peluang pertama baru muncul pada menit ke-15, ketika Kevin De Bruyne memaksa kiper Prancis, Mike Maignan, melakukan penyelamatan gemilang dengan kaki untuk mementahkan tendangan bebasnya. Belgia nyaris unggul, namun aksi Maignan berhasil menggagalkan peluang tersebut.

Menit ke-23, gelandang Prancis, Antoine Griezmann, mendapat kartu kuning setelah melanggar Jeremy Doku, menunjukkan intensitas permainan yang mulai memanas. Tak lama kemudian, Belgia kembali menciptakan ancaman, namun usaha Carrasco dari bola pantulan juga gagal membuahkan hasil.

Prancis mendapatkan peluang emas pada menit ke-33 ketika umpan Jules Kounde dari sisi kanan diterima oleh Marcus Thuram. Sayangnya, sundulan striker Inter Milan itu melenceng tipis di sisi gawang Belgia. Peluang lain bagi Prancis datang pada menit ke-36, tetapi kiper Belgia, Koen Casteels, dengan sigap menangkap bola umpan Adrien Rabiot sebelum ada pemain Prancis yang bisa memanfaatkannya.

Meski kedua tim saling serang hingga akhir babak pertama, tak ada gol yang tercipta. Skor imbang 0-0 bertahan hingga turun minum.

Babak Kedua: Perubahan Strategi dan Peluang

Memasuki babak kedua, kedua tim masih tampil dengan susunan pemain yang sama. Prancis hampir mencetak gol pada menit ke-48 ketika Kylian Mbappe memberikan umpan yang disambut tendangan keras Aurelien Tchouameni, namun berhasil ditepis Casteels.

Setelah berbagai upaya dari kedua tim, Didier Deschamps memutuskan untuk mengganti Marcus Thuram dengan Randal Kolo Muani pada menit ke-62, sebuah keputusan yang nantinya akan terbukti krusial. Sementara itu, Domenico Tedesco memasukkan Orel Mangala menggantikan Lois Openda untuk menyegarkan lini serang Belgia.

Pada menit ke-70, Romelu Lukaku nyaris memecah kebuntuan bagi Belgia setelah menerima umpan dari Mangala, namun lagi-lagi Maignan tampil gemilang untuk mementahkan peluang tersebut. 

Belgia kembali mengancam pada menit ke-82 dengan tendangan keras dari luar kotak penalti oleh De Bruyne, tetapi Maignan sekali lagi mampu menepisnya. 

Gol Penentu: Aksi Kolo Muani dan Blunder Vertonghen

Gol yang dinantikan akhirnya datang pada menit ke-85. Berawal dari umpan N'Golo Kante, Kolo Muani melepaskan tembakan keras dengan kaki kanannya yang membentur Jan Vertonghen dan melesak ke gawang Belgia. Gol ini dicatatkan sebagai gol bunuh diri Vertonghen, tetapi kontribusi Kolo Muani dalam menciptakan peluang tersebut sangat vital.

Dengan kemenangan ini, Prancis akan berhadapan dengan pemenang laga antara Portugal dan Slovenia di perempat final yang akan digelar di Volksparkstadion, Hamburg, Sabtu (6/7/2024) dini hari WIB.

Susunan Pemain:

Prancis (4-1-2-1-2):  

Mike Maignan; Jules Koundé, Dayot Upamecano, William Saliba, Theo Hernández; Aurelien Tchouaméni; N'Golo Kante, Adrien Rabiot; Antoine Griezmann; Kylian Mbappe, Marcus Thuram  

Pelatih: Didier Deschamps

Belgia (4-2-3-1): 

Koen Casteels; Timothy Castagne, Wout Faes, Jan Vertonghen, Arthur Theate; Kevin De Bruyne, Amadou Onana; Jeremy Doku, Lois Openda (Orel Mangala 64), Yannick Carrasco; Romelu Lukaku  

Pelatih: Domenico Tedesco

Dengan kemenangan ini, Prancis mempertahankan harapannya untuk meraih gelar Euro, memperkuat status mereka sebagai salah satu tim terkuat di turnamen ini.

(Mond)

#Euro2024 #PialaEropa2024 #Sepakbola #Olahraga