Breaking News

Spanyol Tumbangkan Prancis 2-1, Melaju ke Final Euro 2024

Lamine Yamal Pemain Muda Timnas Spanyol Berselebrasi Usai Cetak Gol ke Gawang Timnas Prancis 

D'On, Munchen (Jerman)-
Spanyol berhasil melangkah ke final Euro 2024 setelah meraih kemenangan dramatis 2-1 atas Prancis pada semifinal yang berlangsung di Stadion Allianz Arena, Munchen, Rabu (10/7/2024) WIB. Pertandingan ini menyajikan aksi-aksi memukau dengan semua gol tercipta di babak pertama.

Babak Pertama yang Intens

Spanyol memulai pertandingan dengan agresif. Peluang pertama datang di menit kelima ketika Lamine Yamal menyodorkan bola kepada Mikel Merino yang menyundulnya, namun sayangnya masih melebar. Satu menit kemudian, giliran Prancis mengancam melalui Kylian Mbappe, tapi upayanya digagalkan oleh Jesus Navas.

Pada menit kesembilan, Prancis unggul terlebih dahulu melalui gol Randal Kolo Muani. Gol ini tercipta dari umpan lambung Kylian Mbappe yang dieksekusi dengan sundulan akurat oleh Kolo Muani, menggetarkan gawang Spanyol yang dijaga oleh Unai Simon. Namun, Spanyol segera merespon. Di menit ke-19, Lamine Yamal menyamakan kedudukan menjadi 1-1 setelah menerima umpan dari Alvaro Morata dan melepaskan tendangan melengkung yang sempat membentur tiang sebelum masuk ke gawang Prancis.

Tak lama kemudian, Spanyol membalikkan keadaan. Pada menit ke-25, Dani Olmo mencetak gol setelah kerja sama apik dengan Jesus Navas. Tendangan Olmo sempat diblok oleh bek Prancis Jules Kounde, namun bola tetap meluncur ke gawang, menjadikan skor 2-1 untuk Spanyol.

Kedua Tim Berjuang di Babak Kedua

Memasuki babak kedua, meski tertinggal, Prancis tidak melakukan pergantian pemain. Mereka langsung mengambil inisiatif serangan, namun upaya Ousmane Dembele dan Kylian Mbappe masih bisa digagalkan oleh Unai Simon yang tampil gemilang di bawah mistar.

Pelatih Spanyol, Luis de la Fuente, melakukan pergantian pertama dengan memasukkan Daniel Vivian menggantikan Jesus Navas pada menit ke-58. Sementara Prancis merespons dengan memasukkan Eduardo Camavinga, Antoine Griezmann, dan Bradley Barcola pada menit ke-62 untuk menambah daya gedor.

Prancis terus menekan, menciptakan beberapa peluang berbahaya. Salah satunya di menit ke-75 ketika Antoine Griezmann menyodorkan bola kepada Ousmane Dembele, yang kemudian diteruskan kepada Theo Hernandez. Sayangnya, tendangan Hernandez melambung di atas mistar.

Pertahanan Solid Spanyol

Spanyol mempertahankan keunggulan dengan soliditas pertahanan. Bek Aymeric Laporte sempat mengalami cedera setelah bertabrakan dengan Olivier Giroud, namun berhasil melanjutkan permainan setelah mendapat perawatan.

Pada akhirnya, skor 2-1 bertahan hingga peluit panjang dibunyikan. Kemenangan ini membawa Spanyol ke final Euro 2024, di mana mereka akan menghadapi pemenang antara Inggris dan Belanda.

Susunan Pemain

Spanyol (4-2-3-1):

- Unai Simón;

- Jesus Navas (Daniel Vivian 58), Nacho, Aymeric Laporte, Marc Cucurella;

- Rodri, Fabian Ruiz;

- Lamine Yamal (Ferran Torres 90+2), Dani Olmo (Mikel Morino 76), Nico Williams;

- Alvaro Morata (Mikel Oyarzabal 76)

- Pelatih: Luis de la Fuente

Prancis (4-3-3):

- Mike Maignan;

- Jules Koundé, Dayot Upamecano, William Saliba, Theo Hernandez;

- N'Golo Kante (Antoine Griezmann 62), Aurelien Tchouaméni, Adrien Rabiot (Eduardo Camavinga 62);

- Kylian Mbappe, Randal Kolo Muani (Bradley Barcola 62), Ousmane Dembele (Olivier Giroud 79)

- Pelatih: Didier Deschamps

Kemenangan ini mengukuhkan posisi Spanyol sebagai salah satu tim terkuat di Euro 2024, dan para penggemar sepak bola menantikan pertandingan final yang menegangkan di Stadion Olympia, Berlin, pada Senin (15/7/2024) dini hari WIB.

(Mond)

#Euro2024 #PialaEropa2024 #Sepakbola #Olahraga