Breaking News

Timnas Indonesia U-19 Raih Gelar Juara Piala AFF U-19 2024

Pemain Timnas Indonesia U-19 Berjibaku Hadapi Timnas Thailand U-19 

D'On, Surabaya -
Timnas Indonesia U-19 mencetak sejarah baru dengan meraih gelar juara Piala AFF U-19 untuk kedua kalinya setelah menaklukkan Thailand 1-0 dalam partai final yang berlangsung di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya. Gol kemenangan dicetak oleh Jens Raven pada menit ke-17, memanfaatkan sundulan dari Kadek Arel.

Gol yang membawa Indonesia meraih kemenangan ini berawal dari sepak pojok yang dieksekusi oleh Kafiatur Rizky. Sundulan Kadek Arel kemudian diteruskan oleh Jens Raven yang dengan tenang menaklukkan kiper Thailand, Kittipong Bunmak. 

Dominasi Indonesia di Babak Pertama

Sejak peluit awal dibunyikan, Indonesia langsung mengambil inisiatif serangan. Pada menit ke-13, Jens Raven berhasil merangsek ke kotak penalti lawan, namun tendangannya masih bisa diblok oleh pemain Thailand. Beberapa saat kemudian, Thailand hampir mencetak gol melalui Thanawut Phochai, namun tendangannya membentur tiang gawang.

Indonesia harus melakukan pergantian pemain di menit ke-32 setelah Kafiatur Rizky mengalami cedera dan digantikan oleh Toni Firmansyah. Thailand sempat mengancam melalui tendangan bebas Piyawat pada menit ke-36 yang juga membentur tiang gawang.

Tim asuhan Emerson Pereira Da Silva berusaha menyamakan kedudukan namun selalu kandas oleh pertahanan solid Indonesia. Kiper Ikram Algiffari beberapa kali melakukan penyelamatan gemilang, termasuk menggagalkan peluang dari Thanawut pada menit ke-43.

Babak Kedua yang Menegangkan

Memasuki babak kedua, pelatih Indra Sjafri melakukan beberapa pergantian pemain strategis. Pada menit ke-53, Figo Dennis masuk menggantikan Welber Jardim yang cedera. Jens Raven kembali mendapat peluang pada menit ke-76 namun gagal memaksimalkannya.

Thailand terus menekan di menit-menit akhir, dengan peluang terbaik datang dari tendangan bebas Thanakrit Chongmuangpak pada menit ke-78 yang berhasil digagalkan oleh pertahanan Indonesia. Paripan Wongsa hampir menyamakan kedudukan pada menit ke-85, namun tendangannya berhasil diamankan oleh kiper Ikram Algiffari.

Skor 1-0 bertahan hingga pertandingan usai, memastikan Indonesia meraih gelar juara Piala AFF U-19 2024. Ini adalah gelar kedua bagi Indonesia di ajang ini setelah sebelumnya meraih juara pada tahun 2013, juga di bawah asuhan pelatih Indra Sjafri. Kemenangan ini mengukuhkan posisi Indonesia sebagai salah satu tim terbaik di kawasan Asia Tenggara.

Susunan Pemain

Indonesia U-19:

Ikram Algiffari; Kadek Arel, Iqbal Gwijangge, Alfharezzi Buffon; Mufli Hidayat, Dony Tri Pamungkas, Welber Jardim, Kafiatur Rizky; Arlyansyah Abdulmannan, Jens Raven, Riski Afrisal  

Pelatih: Indra Sjafri  

Thailand U-19:

Kittipong Bunmak; Pikanet Laohawiwat, Jhetsaphat Khuantanom, Singha Marasa, Piyawat Petra, Pakawat Taengoakson; Thanawoot Phocai, Thanakrit Chongmuangpak, Siradanai Phosri, Phongsakon Sangkasopha; Caelan Tanadon Ryan  

Pelatih: Emerson Pereira Da Silva

Kemenangan ini menjadi momen bersejarah bagi sepak bola Indonesia, membangkitkan semangat dan harapan baru bagi generasi muda pesepak bola Tanah Air.

(Mond)

#Sepakbola #Olahraga #TimnasIndonesia