Breaking News

Timnas Kanada vs Uruguay: Laga Sengit Berujung Adu Penalti di Perebutan Tempat Ketiga Copa America 2024

Uruguay meraih peringkat ketiga di Copa America 2024. (Foto: Reuters)

D'On, Charlotte-
Dalam duel perebutan tempat ketiga Copa America 2024, Timnas Uruguay berhasil mengalahkan Timnas Kanada melalui adu penalti dengan skor akhir 4-3. Pertandingan yang digelar di Bank of America Stadium, Charlotte, Amerika Serikat, pada Minggu (14/7/2024) pagi WIB ini, berakhir dengan skor imbang 2-2 setelah 90 menit waktu normal.

Gol-Gol Pertandingan

Gol pertama laga ini dicetak oleh Rodrigo Bentancur pada menit ke-8 untuk Uruguay, memanfaatkan serangan balik cepat yang mengejutkan pertahanan Kanada. Namun, Ismael Kone berhasil menyamakan kedudukan pada menit ke-22 setelah memanfaatkan kemelut di depan gawang Uruguay dengan tendangan volinya yang mengelabui kiper Sergio Rochet. Pertandingan babak pertama berakhir dengan skor 1-1.

Di babak kedua, Kanada kembali tampil ofensif dan sukses mencetak gol melalui Jonathan David pada menit ke-80. Namun, Uruguay tidak tinggal diam. Luis Suarez menjadi pahlawan Uruguay dengan gol penyelamatnya pada menit ke-90+2, memastikan pertandingan berakhir dengan skor imbang 2-2.

Babak Adu Penalti

Pertandingan dilanjutkan ke babak adu penalti karena tidak ada perpanjangan waktu di Copa America 2024. Dalam adu penalti, Kanada mencetak tiga gol melalui Jonathan David, Moise Bombito, dan Mathieu Choiniere, sementara Ismael Kone dan Alphonso Davies gagal mengeksekusi tendangan mereka.

Uruguay berhasil mencetak empat gol dari empat penendang mereka, yaitu Federico Valverde, Rodrigo Bentancur, Giorgian de Arrascaeta, dan Luis Suarez. Dengan hasil ini, Uruguay mengamankan tempat ketiga di Copa America 2024.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Timnas Kanada memulai pertandingan dengan agresif, mendominasi penguasaan bola dan menekan pertahanan Uruguay. Namun, justru Uruguay yang membuka skor lebih dulu melalui Rodrigo Bentancur pada menit ke-8 setelah serangan balik cepat yang terkoordinasi dengan baik.

Setelah gol tersebut, Uruguay bermain lebih percaya diri dan terus mengandalkan serangan balik yang dipimpin oleh Manuel Ugarte dan Federico Valverde. Namun, Kanada tidak menyerah. Pada menit ke-22, Ismael Kone berhasil menyamakan kedudukan melalui tendangan volley yang memanfaatkan kemelut di depan gawang Uruguay.

Babak Kedua

Di babak kedua, Kanada kembali bermain agresif dan terus menekan pertahanan Uruguay. Kedua tim berjuang keras mencari gol tambahan, namun kesulitan mencetak gol hingga menit ke-75.

Pada menit ke-80, Jonathan David akhirnya berhasil memecah kebuntuan untuk Kanada, membuat skor menjadi 2-1. Namun, keunggulan ini tidak bertahan lama. Pada menit ke-90+2, Luis Suarez mencetak gol penyeimbang untuk Uruguay, memanfaatkan peluang terakhir dalam pertandingan. Dengan hasil imbang 2-2, pertandingan dilanjutkan ke babak adu penalti.

Babak Adu Penalti

Di babak adu penalti, Uruguay tampil lebih tenang dan akurat, mencetak gol melalui Federico Valverde, Rodrigo Bentancur, Giorgian de Arrascaeta, dan Luis Suarez. Sementara itu, Kanada hanya berhasil mencetak tiga gol melalui Jonathan David, Moise Bombito, dan Mathieu Choiniere, dengan Ismael Kone dan Alphonso Davies gagal mengeksekusi tendangan mereka.

Susunan Pemain

Timnas Kanada (4-2-3-1):

- Dayne St. Clair (GK)

- Alistair Johnson

- Luc de Fougerolles

- Moise Bombito

- Richie Laryea

- Ismael Kone

- Mathieu Choiniere

- Ali Ahmed

- Jonathan Osorio

- Jacob Shaffelburg

- Tani Oluwaseyi

- Pelatih: Jesse Marsch

Timnas Uruguay (4-3-3):

- Sergio Rochet (GK)

- Nahitan Nandez

- Jose Maria Gimenez

- Sebastian Caceres

- Matias Vina

- Federico Valverde

- Manuel Ugarte

- Rodrigo Bentancur

- Facundo Pellistri

- Darwin Nunez

- Maximiliano Araujo

- Pelatih: Marcelo Bielsa

Dengan kemenangan ini, Uruguay berhasil mengamankan posisi ketiga di Copa America 2024 setelah melalui pertandingan yang sengit dan dramatis.

(Mond)

#CopaAmerica #CopaAmerica2024 #Seoakbola #Olahraga