Breaking News

Tragedi di Sorong: Prajurit TNI AL Tewas dengan Luka Tembak di Pos Penjagaan

Anggota TNI AL Tewas Diduga Bunuh Diri / ilustrasi TNI AL

D'On, Sorong -
Seorang prajurit TNI Angkatan Laut yang bertugas di Lantamal XIV/Sorong, berinisial SO, ditemukan tewas dengan luka tembak di pos penjagaannya. Insiden tragis ini terjadi pada Minggu (7/7/2024) sekitar pukul 15.00 WIT.

Komandan Lantamal XIV/Sorong, Laksamana Pertama TNI Deny Prasetyo, mengungkapkan bahwa SO diduga mengakhiri hidupnya sendiri. Saat ini, Pusat Polisi Militer Angkatan Laut (POMAL) Lantamal XIV/Sorong tengah melakukan penyelidikan mendalam untuk memastikan penyebab pasti kematian tersebut.

"Kami telah meminta POMAL untuk melakukan penyelidikan lebih lanjut guna menentukan apakah kejadian ini disengaja atau tidak," ujar Deny kepada awak media pada Minggu (14/7/2024).

Penyelidikan ini fokus pada pemeriksaan terhadap standar operasional prosedur (SOP) penggunaan senjata di pos penjagaan Lantamal XIV/Sorong. "Masih dilakukan pendalaman. Mudah-mudahan penyelidikan bisa segera selesai sehingga diketahui penyebab yang sebenarnya," tambah Deny.

SO, yang baru bertugas sekitar lima bulan di Lantamal XIV/Sorong, merupakan anggota Satuan Keuangan Wilayah (Kuwil). "Kita di sini ada Satuan Keuangan Wilayah (Kuwil), dan anggota tersebut baru bertugas di sana sekitar lima bulan," jelas Deny.

Kronologi kejadian mengungkap bahwa setelah insiden, upaya pertolongan segera dilakukan. SO dievakuasi ke RS Angkatan Laut dr. Oetojo Sorong untuk mendapatkan perawatan medis. Namun, sayangnya, nyawa SO tidak dapat diselamatkan.

Pihak Lantamal XIV/Sorong berharap penyelidikan dapat segera memberikan kejelasan atas tragedi ini, baik bagi keluarga yang ditinggalkan maupun rekan-rekan sejawat di TNI AL. Kejadian ini mengingatkan kita akan pentingnya kesehatan mental dan dukungan moral bagi para prajurit yang bertugas di garis depan.

(Mond)

#Peristiwa #TNI #TNIAL #Penembakan