Breaking News

Video Viral: Mak-Mak Berhijab Pesta Miras di Depan Anak-Anak, Polisi Turun Tangan

Viral video ibu-ibu berhijab pesta minum bir sambil berjoget di depan anak-anak di Jeneponto.

D'On, Jeneponto, Sulawesi Selatan -
Sebuah video amatir berdurasi 53 detik menjadi viral di media sosial. Rekaman tersebut memperlihatkan sekelompok mak-mak berhijab tengah asyik berpesta minuman bir sambil berjoget. Aksi ini mereka lakukan di depan warga, termasuk sejumlah anak di bawah umur, yang menimbulkan kontroversi dan kecaman dari berbagai pihak.

Dalam video tersebut, terlihat sejumlah mak-mak berpakaian seragam kaos merah bertuliskan "Indonesia" dan beberapa lainnya mengenakan kaos hijau. Ada pula yang memakai pakaian adat tradisional baju bodo Makassar. Mereka berjoget dengan iringan musik menghentak, sambil menenteng dan menenggak bir. Bahkan, salah seorang di antara mereka terlihat meminta bantuan untuk membuka botol bir yang sedang dipegangnya.

Para mak-mak ini juga tampak bersulang dengan gelas plastik bekas air mineral, memperlihatkan suasana pesta yang semakin memanas. Aksi tersebut terjadi di Dusun Ta'buntulu, Desa Bulusibatang, Kecamatan Bontoramba, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan pada Kamis, 25 Juli 2024.

Menanggapi viralnya video tersebut, Kasi Humas Polres Jeneponto AKP Bakri mengonfirmasi kejadian ini. "Saya membenarkan bahwa kejadian itu terjadi di Dusun Ta'buntulu, Desa Bulusibatang, Kecamatan Bulusibatang, Bontoramba," ujarnya.

Pihak kepolisian langsung bertindak dengan memanggil enam orang mak-mak yang ada dalam video. Lima di antaranya terlibat dalam pesta bir, sementara satu orang lagi yang merekam aksi tersebut. "Kemarin anggota Satreskrim sudah mendatangi tempat kejadian dan menemui mereka yang diduga melakukan hal tersebut. Yang bersangkutan membenarkan kejadian tersebut," tambah Bakri.

Para mak-mak ini mengaku bersalah atas perbuatan mereka. Mereka telah membuat surat pernyataan untuk tidak mengulangi perbuatannya lagi dan juga membuat video permohonan maaf. "Saya bersama kelima orang yang ada di dalam akun Facebook yang sedang berjoget sambil menenggak minuman keras dan diiringi oleh musik, maka kami berkenan meminta maaf atas kejadian tersebut. Terkhusus kepada masyarakat Bulusibatang dan Kabupaten Jeneponto pada umumnya," ucap salah seorang mak-mak dalam video, Wana.

Dari hasil pemeriksaan, terungkap bahwa motif mereka melakukan aksi tersebut hanyalah sebagai bahan lelucon karena gembira bisa berkumpul kembali dengan sanak keluarga dalam perayaan pesta pernikahan. Para mak-mak ini spontan berjoget ketika tuan rumah memainkan musik. Salah seorang anggota keluarga kemudian memberikan bir kepada mereka yang sedang berjoget.

Kejadian ini menjadi pelajaran penting tentang etika dan tanggung jawab sosial, khususnya dalam lingkungan yang melibatkan anak-anak. Meskipun tindakan ini dianggap sebagai lelucon oleh para pelaku, dampaknya terhadap masyarakat sekitar dan pandangan publik menjadi sebuah isu yang tidak bisa diabaikan. Polisi berjanji akan terus memantau situasi serupa dan mengedukasi masyarakat mengenai pentingnya menjaga norma dan etika dalam berbagai acara publik.

(B1)

#Peristiwa #PestaMiras #Emak-emakPestaMiras