Breaking News

AGK Akui Bahlil Lahadalia Sebagai Calon Tunggal Ketua Umum Partai Golkar

Menteri ESDM Bahlil Lahadalia, kader Partai Golkar, berdiskusi dengan Plt Ketum Agus Gumiwang Kartasasmita saat mendaftar sebagai calon Ketua Umum Partai Golkar di Jakarta, Senin (19/8/2024).

D'On, Jakarta -
Pemilihan Ketua Umum Partai Golkar kian mendekati klimaks. Plt Ketua Umum Partai Golkar, Agus Gumiwang Kartasasmita, menegaskan bahwa partainya tengah berada di jalur yang tepat untuk menentukan pemimpin barunya. Pernyataan Agus disampaikan setelah munculnya kabar bahwa Bahlil Lahadalia resmi menjadi calon tunggal yang akan memperebutkan kursi Ketua Umum Partai Golkar dalam Musyawarah Nasional (Munas) mendatang.

Dalam konferensi pers yang digelar di Jakarta, Selasa (20/8), Agus Gumiwang mengungkapkan bahwa proses seleksi untuk menentukan calon Ketua Umum Golkar telah berjalan sesuai dengan aturan yang berlaku. Tim khusus yang dibentuk oleh partai bertugas menilai dan memeriksa kelengkapan serta kelayakan berkas setiap bakal calon. Hasilnya, Bahlil Lahadalia dinyatakan memenuhi semua persyaratan yang ditetapkan.

"Jika hanya ada satu kader Partai Golkar yang dianggap lolos dari semua persyaratan, maka sudah sewajarnya jika ia menjadi calon tunggal," ujar Agus. Pernyataan ini mengindikasikan bahwa Bahlil kemungkinan besar akan diputuskan secara aklamasi sebagai Ketua Umum dalam Munas mendatang. "Dan akan segera kita tetapkan dalam Munas ini," tambahnya dengan penuh keyakinan.

Sebagai Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang juga menyampaikan bahwa persiapan Munas Golkar berjalan dengan lancar tanpa kendala berarti. Ia menegaskan bahwa pemimpin yang terpilih nantinya akan memimpin partai berlambang pohon beringin ini selama lima tahun ke depan. "Tadi malam saya dapat laporan semuanya berjalan dengan baik. Pelaksanaan rapimnas dan munas saya kira akan sesuai dengan apa yang kita harapkan," katanya. "Dan nanti puncaknya munas akan menetapkan ketua umum baru yang akan menjadi pemimpin Partai Golkar dalam lima tahun ke depan," tutup Agus.

Sementara itu, Ketua Steering Committee (SC) Rapimnas dan Munas Golkar, Adies Kadir, pada hari Senin (19/8) telah menyampaikan secara resmi bahwa Bahlil Lahadalia adalah satu-satunya bakal calon yang memenuhi syarat sebagai Ketua Umum Golkar. Hal ini setelah verifikasi berkas dan persyaratan dilakukan oleh komite pemilihan. "Berdasarkan hasil verifikasi berkas dan persyaratan bakal calon, komite pemilihan menyatakan, A. Berkas pendaftaran bakal calon atas nama Ridwan Hisjam dinyatakan tidak memenuhi persyaratan sebagai calon ketua umum partai Golkar pada Munas XI partai Golkar tahun 2024," jelas Adies Kadir dalam konferensi pers tersebut. 

Adies menambahkan bahwa Bahlil Lahadalia, yang saat ini menjabat sebagai Menteri Investasi, berhasil memenuhi semua syarat pencalonan yang diajukan partai. "Berkas pendaftaran bakal calon atas nama Bahlil Lahadalia dinyatakan lengkap dan memenuhi persyaratan sebagai calon ketua umum pada Munas ke XI Partai Golkar tahun 2024," tambahnya. Ia juga menjelaskan bahwa Ridwan Hisjam gagal lolos karena dua dari tujuh persyaratan yang diajukan tidak terpenuhi.

Keputusan Bahlil sebagai calon tunggal membawa Golkar ke arah yang lebih jelas dalam menentukan masa depan partai. Penetapannya sebagai Ketua Umum melalui aklamasi dalam Munas XI yang akan segera digelar, menjadi momentum penting bagi partai untuk meraih kembali kejayaannya di panggung politik Indonesia. Semua mata kini tertuju pada Munas Golkar, di mana Bahlil diharapkan akan membawa angin segar bagi partai yang tengah bersiap menghadapi tantangan politik lima tahun ke depan.

(Mond)

#Politik #PartaiGolkar #AgusGumiwangKartasasmita #BahlilLahadalia #nasional