Breaking News

CPNS 2024 Dimulai Akhir Agustus: Jadwal Lengkap di Sini!

Ilustrasi CPNS

D'On, Jakarta -
Pemerintah melalui Badan Kepegawaian Negara (BKN) akan memulai proses seleksi calon aparatur sipil negara (CASN) pada akhir Agustus 2024. Rangkaian proses ini, yang mencakup pembukaan seleksi hingga seleksi administrasi, akan berlangsung hingga pekan kedua September 2024. 

Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian BKN, Suharmen, mengungkapkan bahwa skenario ini akan dilaksanakan setelah adanya penetapan jabatan atau formasi yang dibuka di kementerian dan lembaga (K/L) oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB). Oleh karena itu, K/L diharapkan mulai mendetailkan kebutuhan formasi.

Tahapan Seleksi

Suharmen menyatakan bahwa pendaftaran akan diumumkan pada minggu kedua atau ketiga Agustus. "Insyaallah di minggu kedua atau ketiga awal bulan Agustus akan kita umumkan pendaftaran," ujar Suharmen dalam agenda Sosialisasi Kebijakan Pengadaan CASN 2024 oleh Kementerian PANRB pada Kamis (8/8/2024). Seleksi administrasi akan dilaksanakan hingga minggu kedua September.

Untuk seleksi kompetensi dasar (SKD) dijadwalkan dimulai pada pekan kedua Oktober, dan hasilnya akan diumumkan pada pekan kedua November. Peserta yang lolos SKD akan melanjutkan ke seleksi kompetensi bidang (SKB), yang digelar mulai pekan ketiga November hingga pekan ketiga Desember. Pengumuman kelulusan akhir CPNS dijadwalkan pada minggu kedua hingga ketiga Januari 2025, dengan usulan penetapan nomor induk pada minggu ketiga Februari hingga minggu ketiga Maret 2025.

Timeline CPNS 2024 Berdasarkan Paparan BKN:

- Pengumuman, pendaftaran, seleksi administrasi: Minggu ketiga Agustus - Minggu kedua September 2024

- Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS: Minggu kedua Oktober - Minggu kedua November 2024

- Pengumuman hasil SKD CPNS: Minggu kedua November 2024

- Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) CPNS Computer-Assisted Test (CAT) dan Non-CAT: Minggu ketiga November - Minggu ketiga Desember 2024

- Pengumuman kelulusan akhir CPNS: Minggu kedua - Minggu ketiga Januari 2025

- Usulan penetapan nomor induk: Minggu ketiga Februari - Minggu ketiga Maret 2025

Kemudahan untuk Peserta SKD Tahun Lalu

Suharmen juga menyoroti bahwa peserta yang telah mengikuti SKD pada tahun 2023 memiliki pilihan untuk tidak mengikuti SKD 2024, asalkan mereka dapat menunjukkan sertifikat SKD tahun lalu. "Tetapi hanya bisa digunakan satu periode pengadaan CASN. Artinya, jika mereka ikut SKD tahun 2023, sertifikatnya bisa digunakan untuk SKD tahun 2024," jelasnya.

Namun, bagi peserta yang telah mengikuti dua kali SKD, mereka tidak dapat memilih nilai terbaik. "Yang dipakai adalah pilihan bahwa yang bersangkutan ikut SKD atau yang bersangkutan tidak ikut SKD (2024), tetapi menggunakan sertifikatnya (2023). Ini pilihannya," tegas Suharmen.

Proses seleksi CASN 2024 diharapkan dapat berjalan lancar dan transparan, memberikan kesempatan kepada putra-putri terbaik bangsa untuk bergabung dan berkontribusi dalam pembangunan negara melalui karir di aparatur sipil negara.

(Mond)

#SeleksiCPNS #nasional