Breaking News

Ekshumasi Jasad Afif Maulana Akan Dilakukan Besok, PDFMI Siap Lakukan Autopsi Ulang

Pers Rilis Polda Sumatera Barat Terkait Ekshumasi Afif Maulana 

D'On, Padang (Sumbar),-
Perhimpunan Dokter Forensik dan Medikolegal Indonesia (PDFMI) akan melakukan ekshumasi terhadap jasad Afif Maulana (13) pada Kamis, 8 Agustus 2024. Hal ini disampaikan oleh Kabid Humas Polda Sumbar, Kombes Pol Dwi Sulistyawan, S.Ik, dalam keterangan persnya di Mapolresta Padang pada Rabu, 7 Agustus 2024 siang.

Kabid Humas menjelaskan bahwa permohonan ekshumasi dari keluarga Afif diterima pada 29 Juli 2024. Setelah melalui proses pengkajian, pada 3 Agustus 2024, surat permohonan ekshumasi resmi dikirimkan ke PDFMI dalam bentuk PDF. Selanjutnya, surat aslinya dikirim ke Sekretariat PDFMI di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta pada 5 Agustus 2024.

"Kami telah menerima respons dari PDFMI terkait ekshumasi Afif Maulana. Rencananya, ekshumasi akan dilaksanakan pada Kamis, 8 Agustus 2024, mulai pukul 07.00 WIB," ujar Dwi Sulistyawan.

Proses ekshumasi akan melibatkan sejumlah dokter ahli forensik dan medikolegal. Dr. dr. Ade Firmansyah Sugiharto dari RSCM akan memimpin tim sebagai ketua. Dokter-dokter lain yang terlibat antara lain dr. Baiti Adayati dari PB PDFMI, Dr. dr. Rika Susanti dari PDFMI Sumbar, dr. Sigit Kirana Lintang Bima dari Universitas Diponegoro (Undip), dan dr. Adriansyah Lubis dari Universitas Sumatera Utara (USU).

"Selain itu, Brigjen Pol Dr. dr. Sumihestri SpFM dan Brigjen Pol (Purn) dr. Pramujoko SpFM dari Pusdokkes Polri akan mendampingi proses ini," tambah Kabid Humas.

Tim ekshumasi dijadwalkan berangkat ke Tempat Pemakaman Umum (TPU) Afif Maulana pada pukul 07.00 WIB. Penggalian makam akan dilakukan antara pukul 08.00 hingga 09.00 WIB. Setelah penggalian selesai, jasad Afif Maulana akan dibawa ke Instalasi Forensik RSUP dr. M. Djamil Padang pada pukul 09.00 WIB. Proses autopsi akan dimulai pada pukul 10.00 WIB hingga selesai.

"PDFMI akan mengadakan jumpa pers terkait hasil autopsi ulang setelah ekshumasi selesai dilakukan. Setelah itu, tim akan kembali ke hotel," jelas Dwi Sulistyawan.

Kabid Humas berharap pihak-pihak independen dan pemerintah dapat mengikuti proses ekshumasi ini. Hasil ekshumasi akan menjadi dasar untuk penyelidikan lebih lanjut kasus penemuan mayat di bawah jembatan Kuranji.

Dengan ekshumasi ini, diharapkan dapat terungkap lebih banyak fakta terkait kematian Afif Maulana, yang ditemukan meninggal di bawah jembatan Kuranji beberapa waktu lalu. Pihak keluarga berharap keadilan dapat ditegakkan dan misteri di balik kematian Afif dapat terungkap dengan jelas. 

(Mond)

#AfifMaulana #Ekshumasi #PoldaSumbar #Viral