Breaking News

Hasto Cerita Terkait Isu Jokowi Incar Posisi Ketua Umum PDIP

Hasto Kristiyanto 

D'On, Jakarta -
Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto, baru-baru ini membuat pernyataan yang menghebohkan dunia politik Indonesia. Dalam sebuah pertemuan di kantor Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Jakarta pada tanggal 15 Agustus 2024, Hasto mengungkapkan isu yang selama ini menjadi perbincangan di balik layar: Presiden Joko Widodo atau yang akrab disapa Jokowi, diduga ingin mengambil alih posisi Ketua Umum PDI Perjuangan.

Pernyataan ini datang setelah Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri, secara terbuka menyebut adanya upaya dari pihak tertentu untuk mengambil alih kepemimpinan partai berlambang banteng tersebut. Hasto, yang dikenal sebagai sosok dekat dengan Megawati, menambahkan detail menarik terkait pernyataan tersebut.

Menurut Hasto, kabar mengenai keinginan Jokowi untuk menjadi Ketua Umum PDIP bukanlah sekadar rumor. "Dalam beberapa diskusi yang pernah saya hadiri, seorang mantan menteri mengungkapkan bahwa dirinya dihubungi oleh salah satu menteri dalam kabinet Bapak Jokowi. Dalam percakapan tersebut, menteri tersebut menyampaikan keinginan dari Bapak Jokowi untuk menduduki posisi ketua umum PDI Perjuangan," ujar Hasto dengan nada serius.

Meskipun demikian, Hasto belum bersedia membeberkan identitas mantan menteri atau menteri kabinet Jokowi yang dimaksud. Namun, ia menegaskan bahwa dinamika internal yang terjadi di partai-partai politik lain, seperti yang baru-baru ini terjadi di Partai Golkar, bisa menjadi indikasi kebenaran isu tersebut.

"Melihat apa yang terjadi di Partai Golkar, di mana pada awalnya hanya ada rumor tentang pergantian kepemimpinan, tetapi kemudian hal itu benar-benar terjadi dengan mundurnya Airlangga Hartarto sebagai ketua umum, maka apa yang disampaikan Ibu Megawati Soekarnoputri bisa jadi bukan sekadar kekhawatiran tanpa dasar," jelas Hasto.

Lebih lanjut, Hasto juga mengungkapkan bahwa Megawati siap merespons segala dinamika yang terjadi, termasuk permintaan dari internal partai agar dirinya kembali menjadi Ketua Umum PDI Perjuangan. "Ibu Mega menyatakan kesediaannya untuk menjawab permintaan dari rakernas kelima yang memohon beliau untuk kembali memimpin PDI Perjuangan," tambahnya.

Pernyataan Hasto ini sontak menjadi topik hangat di kalangan politikus dan pengamat politik tanah air. Banyak yang bertanya-tanya, apakah benar Presiden Jokowi yang selama ini dikenal dekat dengan Megawati, memiliki ambisi untuk memimpin partai terbesar di Indonesia ini? Ataukah ini hanya manuver politik jelang Pemilu 2024? 

Satu hal yang pasti, pernyataan ini membuka babak baru dalam dinamika politik di tubuh PDI Perjuangan. Di tengah berbagai spekulasi, publik kini menanti respons lebih lanjut dari pihak Istana maupun dari Megawati sendiri, yang selama ini dikenal sebagai sosok yang tegas dan tak mudah goyah oleh isu-isu politik. Bagaimana kisah ini akan berkembang? Hanya waktu yang akan menjawabnya.

(B1)

#PDIP #Politik #HastoKristiyanto #Jokowi