Breaking News

Kota Padang Merayakan Ulang Tahun ke-355 dengan Semangat Keberagaman dan Harmonisasi

Pemko Padang Peringati Hari Jadi Kota Padang ke 355 Tahun

D'On, Padang -
Dalam suasana penuh kebanggaan dan kebersamaan, Kota Padang memperingati Hari Jadi ke-355 dengan Sidang Istimewa Paripurna DPRD Kota Padang yang berlangsung di Gedung DPRD, Aie Pacah, Padang, pada Rabu (7/8/2024).

Mengusung tema "Sinergitas Blue Economy dan Green Economy," Penjabat (Pj) Wali Kota Padang, Andree Algamar, mengungkapkan berbagai kegiatan yang telah diselenggarakan untuk memeriahkan peringatan tahun ini. Ia juga mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersinergi demi kemajuan dan kesuksesan Kota Padang.

"Melalui peringatan Hari Jadi ini, kita berharap Kota Padang dapat terus bersatu dalam keberagaman dan harmoni, serta meningkatkan partisipasi seluruh elemen masyarakat untuk membangun Kota Padang yang lebih baik, lebih maju, dan lebih sukses di masa depan," ujar Andree Algamar.

Serangkaian Acara Meriahkan HJK Padang

Dalam rangkaian perayaan HJK Padang ke-355, berbagai acara telah digelar, antara lain:

1. Peresmian Jalan Marah Roesli - Nama ini diambil untuk mengenang sastrawan besar asal Sumatera Barat.

2. Pawai Telong-telong - Sebuah parade budaya yang menampilkan berbagai kekayaan budaya dan adat Minangkabau.

3. Pameran Artefak Rasulullah Muhammad SAW - Pameran ini menampilkan artefak-artefak bersejarah yang berkaitan dengan Nabi Muhammad SAW, menarik perhatian masyarakat luas.

4. Pemberian Penghargaan - Sebanyak 12 warga Kota Padang dari berbagai latar belakang menerima penghargaan atas kontribusi mereka dalam memajukan kota ini.

Dalam Sidang Istimewa Paripurna, sebuah video dokumentasi berdurasi 3 menit 35 detik diputar, menampilkan pencapaian dan perkembangan Kota Padang selama setahun terakhir. 

"Pemerintah Kota Padang telah menyiapkan beberapa fasilitas seperti ruang kreatif Youth Center dan Gelanggang Kota Padang untuk menampung kreativitas anak muda. Selain itu, untuk memperkuat rasa percaya diri kota, kami menciptakan mars Kota Padang dan sedang mempersiapkan Maskot Kota Padang yaitu Penyu, simbol umur panjang dan ketahanan," jelas Andree Algamar.

Penghargaan untuk Tokoh Berprestasi

Pada kesempatan ini, diumumkan pula penerima penghargaan pin emas dari Pemko Padang kepada 12 tokoh masyarakat yang berprestasi di berbagai bidang, antara lain:

1. Rusli Marzuki Saria (Seni, Budaya, dan Adat Istiadat)

2. H. Mahyeldi, SP (Keagamaan)

3. Hj. Neldawati, A.Md, Keb, SE (Pemberdayaan Wanita)

4. Musfi Yendra, S.Ip, M.Si (Sosial)

5. Prof. Dr. Indang Dewata, M.Si (Lingkungan Hidup)

6. Benny Abeng Law (Kemanusiaan)

7. Yudha Putra (Kepemudaan dan Olahraga)

8. Welfrydha (Penggerak Koperasi dan UMKM)

9. Drs. Gafar Salim, CPA. (Pendidikan)

10. Prof. Dr. dr. Rizanda Machmud, M.Kes, FISPH, FISPM, SpKKLP (Kesehatan)

11. Ir. H. Asnel, M.Si (Kemasyarakatan)

12. H. Heranof Firdaus, S.Sos (Komunikasi dan Teknologi Informasi)

Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi, dalam pidatonya menyampaikan harapannya agar Kota Padang terus berkembang di segala bidang dan mencapai target-target pembangunan yang belum tercapai.

"Teruslah melakukan yang terbaik bagi masyarakat, khususnya dalam mencapai target-target pembangunan yang belum tercapai secara maksimal, terutama di daerah Kota Padang," harap Mahyeldi.

Dengan semangat sinergitas dan keberagaman, Kota Padang bertekad untuk terus maju dan berkembang, menjadikan hari jadinya ke-355 sebagai momentum untuk meraih masa depan yang lebih cerah dan harmonis.

(Mond)

#HariJadiKotaPadangke355Tahun #Padang