Breaking News

Lestarikan Nilai Budaya dan Sejarah, FSN ke-9 Resmi Ditabuh

Festival Siti Nurbaya Resmi Ditabuh (2/8/2024)

D'On, Padang -
Festival Siti Nurbaya (FSN) yang dinanti-nantikan resmi dimulai, menjadi bagian dari rangkaian perayaan Hari Jadi Kota Padang ke-355. Pembukaan festival ini berlangsung meriah di Balai Kota Lama pada Jumat malam, dengan dihadiri Pj. Wali Kota Padang Andree Algamar.

Pj. Wali Kota Andree Algamar menyampaikan bahwa perayaan Hari Ulang Tahun Kota Padang tahun ini mengusung tema "Sinergitas Blue Economy and Green Economy." Tema ini mengedepankan keterlibatan aktif masyarakat, mulai dari komunitas-komunitas, organisasi masyarakat, pelaku UMKM, seniman, hingga pelajar dari berbagai jenjang pendidikan di Kota Padang. Andree berharap, tema ini mampu mengakomodir antusiasme masyarakat dalam memeriahkan HJK ke-355.

"Festival Siti Nurbaya adalah salah satu acara yang kami gelar. Cerita Siti Nurbaya yang berasal dari Ranah Minang, kita jadikan inspirasi untuk mengenang dan melestarikan nilai-nilai seni dan budaya lokal. Tahun ini, festival kami hadirkan dengan nuansa yang berbeda dan lebih menarik," ujarnya.

Andree menambahkan, melalui tema ini, diharapkan Kota Padang tidak hanya dikenal sebagai kota yang kaya akan sejarah, tetapi juga mampu menjaga dan merawat alam.

Asisten II Perekonomian dan Pembangunan, Didi Aryadi, menekankan bahwa Festival Siti Nurbaya merupakan pesta rakyat yang bertujuan untuk meningkatkan minat dan daya tarik wisatawan, baik domestik maupun mancanegara, untuk datang ke Kota Padang. "Gelaran Festival Siti Nurbaya menjadi media promosi yang efektif, meningkatkan nilai budaya yang diwariskan kepada generasi muda, serta menggerakkan roda ekonomi melalui UMKM," jelas Didi.

Rangkaian Acara yang Kaya akan Seni dan Budaya

Rangkaian perayaan HJK Kota Padang dimulai dengan Padang Trail Adventure pada 27 Juli lalu. Acara puncaknya, Festival Siti Nurbaya, dibuka pada Jumat, 2 Agustus 2024, dengan berbagai kegiatan menarik sepanjang akhir pekan.

Pada Sabtu, 3 Agustus 2024, festival akan menghadirkan Art Therapy dan pameran Siti Nurbaya, tampilan seni Hologram 3D, lomba mewarnai untuk TK, lomba makan bajamba, lomba ayam bakukuak dan ayam hias, serta penampilan seni live performance di Youth Centre Bagindo Aziz Chan.

Hari Minggu, 4 Agustus 2024, akan diisi dengan Art Therapy, pameran Siti Nurbaya, Hologram 3D, Padang Gowes Adventure, lomba solo singing, lomba fashion show, dan penampilan seni live performance. Kegiatan ini juga berlangsung di Youth Centre Bagindo Aziz Chan.

Pada Senin, 5 Agustus 2024, akan ada kegiatan Art Therapy, pameran Siti Nurbaya, tampilan seni Hologram 3D, nonton bareng film Siti Nurbaya, seminar bedah karya novel Siti Nurbaya, peresmian Jalan Marah Rusli, dan pelepasan tukik.

Selasa, 6 Agustus 2024, diisi dengan penampilan pemenang video catatan sejarah, lesson lecturer BPBD bersama BMKG, peresmian Graha Hasan Basri Durin, pawai telong-telong, dan penutupan Festival Siti Nurbaya. Rabu, 7 Agustus 2024, akan ada rapat paripurna istimewa HJK Padang ke-355, pembukaan pameran dan expo, serta turnamen sepak bola antar Dinas Pendidikan se-Sumatera Barat.

Kamis, 8 Agustus 2024, diisi dengan kegiatan donor darah, pameran dan expo, pembukaan MTQ, dan tabligh akbar bersama Ustadz Muhammad Nur Maulana. Pada Jumat, 9 Agustus 2024, akan diadakan peresmian Perpustakaan Masril Payan, ziarah makam Abu Bakar Jaar, dan anjangsana ke panti asuhan dan panti jompo.

Sabtu, 10 Agustus 2024, akan diakhiri dengan penutupan MTQ, dan pada Minggu, 11 Agustus 2024, kembali diadakan Padang Trail Adventure sebagai penutup seluruh rangkaian acara.

Pada malam pembukaan Festival Siti Nurbaya, berbagai atraksi menarik telah disiapkan, termasuk video mapping, mini operet Siti Nurbaya, peluncuran kartu e-money BNI, dan hiburan band yang turut memeriahkan perayaan HJK ke-355. Semangat dan antusiasme masyarakat dalam mengikuti seluruh rangkaian acara ini diharapkan dapat membawa dampak positif bagi perkembangan ekonomi dan pariwisata di Kota Padang. 

(Mond)

#FestivalSitiNurbaya #Padang