Breaking News

Pentingnya Kolaborasi dan Koordinasi dalam Upaya Penanggulangan Bencana

Pj Walikota Padang Andree Algamar Kukuhkan Forum Masyarakat Peduli Penyakit Menular 

D'On, Padang -
  Pj Wali Kota Padang Andree Algamar: Sinergi dan Informasi Awal adalah Kunci Penanggulangan Bencana

Dalam rangka memperkuat penanggulangan bencana di Kota Padang, Penjabat (Pj) Wali Kota Padang, Andree Algamar, menegaskan pentingnya sinergi dan kolaborasi serta vitalnya informasi awal ketika bencana terjadi. Pesan ini disampaikan dalam apel gabungan yang bertujuan untuk meluncurkan Forum Masyarakat Peduli Penyakit Menular Seksual dan Pengukuhan Tim Reaksi Cepat (TRC) Satlinmas Satpol PP Padang, yang berlangsung di Mako Satpol PP pada Senin, 5 Agustus 2024.

"Ketika terjadi kebakaran, tidak boleh ada anggota yang bersikap cuek atau apatis. Keamanan situasi harus segera diambil alih, koordinasi dengan RT/RW setempat sangat penting. Pendekatan preventif adalah yang utama," tegas Andree. Ia juga menyampaikan rencana berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan untuk mengedukasi siswa mengenai cara memadamkan api dan pentingnya keterampilan hidup dasar dalam menghadapi bencana.

Pembentukan TRC Satlinmas dijelaskan oleh Andree sebagai upaya untuk meningkatkan standar mutu pelayanan Satpol PP dan Satlinmas Kota Padang dalam menangani bencana. Dengan adanya TRC, diharapkan personil Satlinmas dapat bergerak cepat dalam memberikan pelayanan dan bantuan saat bencana terjadi. 

"Khusus untuk bencana kebakaran, kita harus bekerja sama dalam penanganan preventif. Memberikan informasi dan cara memadamkan api ketika masih kecil bukan hanya tugas Damkar, tapi tugas bersama," jelas Andree.

Selain menekankan kolaborasi, Andree juga menegaskan pentingnya Standar Operasional Prosedur (SOP) dalam menangani bencana. "Berkoordinasi dan bersinergi dalam penanganan bencana harus menjadi prioritas. Kita harus siap sedia baik dari segi peralatan maupun cara pemakaiannya," tambahnya.

Andree juga mengingatkan pentingnya mengecek ulang kesiapan setiap anggota. "Buktikan bahwa kita dapat melayani rakyat dengan baik, memberikan pertolongan pertama, meringankan beban masyarakat, dan bekerja serta berkoordinasi dengan pihak terkait saat bencana terjadi," tutupnya.

Dengan peluncuran Forum Masyarakat Peduli Penyakit Menular Seksual dan pengukuhan TRC Satlinmas, Kota Padang diharapkan dapat lebih tanggap dan siap menghadapi berbagai jenis bencana. Sinergi, koordinasi, dan informasi awal menjadi kunci utama dalam setiap upaya penanggulangan bencana, memastikan keselamatan dan kesejahteraan masyarakat tetap terjaga.

(Mond)

#TRC #SiagaBencana #Padang