Breaking News

Puncak Festival Padang Bercerita: Meriahkan Hari Jadi Kota Padang ke-355 dengan Semangat Literasi

Meriahkan HUT Kota Padang ke 355 Tahun, Pemko Padang Gelar Festival Padang Bercerita 

D'On, Padang -
Puncak acara Festival Padang Bercerita yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Padang melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) berlangsung dengan sangat meriah di Bagindo Azizchan Youth Center pada Selasa (6/8) siang.

Acara yang menjadi puncak dari rangkaian Festival Padang Bercerita ini menampilkan berbagai kegiatan menarik, termasuk penampilan pemenang lomba bertutur tingkat SD, lomba video pendek, dan peluncuran buku *Padang Bercerita*. Acara ini dihadiri oleh Penjabat Wali Kota Padang, Andree Algamar, yang dalam sambutannya menekankan pentingnya literasi di era modern.

Andree Algamar menjelaskan bahwa Festival Padang Bercerita adalah bagian integral dari perayaan Hari Jadi Kota (HJK) Padang ke-355. "Dari berbagai kegiatan HJK Padang yang sudah berlangsung selama seminggu ini, saya rasa ini adalah yang paling meriah," ujarnya dengan antusias.

Dalam sambutannya, Andree juga menekankan komitmen Pemerintah Kota Padang untuk meningkatkan literasi masyarakat, terutama di tengah maraknya disinformasi dan hoaks. "Kemampuan literasi sangat penting bagi masyarakat dalam memilah, menelaah, dan menganalisis informasi," katanya.

Untuk menunjukkan komitmen tersebut, Pemerintah Kota Padang mendukung berbagai kegiatan literasi, termasuk Festival Padang Bercerita. "Selain lewat Festival Padang Bercerita, kita baru saja membedah buku Siti Nurbaya dan meresmikan nama Jalan Marah Roesli," ungkap Andree.

Ia berharap, rangkaian kegiatan Festival Padang Bercerita tidak hanya mampu meningkatkan minat baca masyarakat, tetapi juga berperan sebagai ajang promosi Kota Padang. "Harapan saya, ini menjadi ajang promosi visi dan misi Kota Padang, terutama dalam bidang pendidikan, serta menambah khazanah literasi untuk Indonesia," tandasnya.

Sementara itu, Kepala Dispusip, Ferimulyani Hamid, dalam laporannya menjelaskan bahwa rangkaian Festival Padang Bercerita telah berlangsung sejak awal Juli lalu. "Puncaknya hari ini, kita meluncurkan buku Padang Bercerita serta mengumumkan pemenang lomba video pendek," tuturnya.

Buku Padang Bercerita ditulis oleh lima penulis asal Minang sebagai kado ulang tahun untuk HJK Padang ke-355. Pemenang lomba video pendek diumumkan dengan Juara 1 diraih oleh Salingka Cinema, Juara 2 oleh Efendi Idris, dan Juara 3 oleh Rahmat Irfan Denas.

Festival Padang Bercerita juga melibatkan workshop penulisan yang telah menghasilkan 100 opini dari pustakawan dan penggiat literasi se-Kota Padang, menambah kekayaan intelektual dan semangat literasi di kota ini.

Dengan berbagai kegiatan yang telah dilaksanakan, Festival Padang Bercerita diharapkan dapat meningkatkan daya baca masyarakat sekaligus menjadi platform untuk mempromosikan visi dan misi Kota Padang di bidang pendidikan dan literasi, memperkuat posisi Kota Padang sebagai pusat literasi yang terus berkembang di Indonesia. 

(Mond)

#Literasi #Padang #HariJadiKotaPadangke355